27.3 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Tanggapi Musibah Longsor di Nanggung, BPBD Lakukan Asesmen

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melakukan asesmen setelah Kampung Rancabakti RT 01 RW 05 dan Kampung Pariuk RT 02 RW 07, Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung diterjang longsor dan pergerakan tanah.

Bagian Asesmen BPBD Kabupaten Bogor, Khoerudin membenarkan pasca pergeseran tanah  di Kampung Rancabakti dan Kampung Pariuk, sebelumnya rumah  warga  yang berada di dua kampung itu sudah terdampak. “Setelah adanya bencana alam susulan,  Kali ini rumah warga kembali mengalami keretakan,” kata Khoerudin kepada Jurnal Bogor, Kamis (10/12).

Tak hanya itu, kata Khoerudin, termasuk gedung sekolah SDN Rancabakti, dimana keretakan bertambah akibat dari pergeseran tanah tersebut. ” Hasil asesmen ini untuk dilaporkan kepada pimpinan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, kampung Rancabakti dengan Pariuk sebenarnya sudah menjadi target relokasi, akan tetapi untuk waktu pelaksanaannya tergantung kebijakan pimpinan.

Sebelumnya Kepala Dusun 3 H Deden Mulyawidanta mengatakan, selama tahun 2020, kejadian pergesan tanah terjadi bukan kali ini, namun seringkali terjadi.  Termasuk Pada bangunan gedung sekolah SDN Rancabakti, tanah amblas dan longsor sehingga badan bangunan terbelah dan rusak.

Sedangkan di Kampung Pariuk hingga kini belum dilakukan relokasi. Meskipun misalnya, pada bagian samping rumah milik Muhidin longsor pada saat diguyur hujan. ” Warga kampung Pariuk meminta untuk segera direlokasi musababnya warga sudah begitu lama menunggu,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles