Janda Bolong Kian Diminati

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Beberapa bulan ini banyak yang dihebohkan dengan tanaman janda bolong. Janda Bolong bernama ilmiah  Monstera Adansonii adalah tanaman hias yang viral ditengah pandemi ini, padahal kehadirannya sudah lumayan lama di Indonesia. Kenapa tidak? baru-baru ini sebagian orang rela membeli janda bolong yang harganya setara dengan satu rumah.

Jika melihat postingan instagram walikota Bogor Bima Arya baru-baru ini, sempat menemui pedagang bunga di Bogor yang menjual janda bolong seharga Rp 80.000.000. Jenis janda bolong pun berbeda-beda sehingga membuat harganya bervariasi. Hal itupun disampaikan oleh Farhan, pedagang bunga di Kota Bogor.

”Beda-beda kalau janda bolong, janda bolong ada 3 variannya, ada yang lebar daunnya, ada yang kecil, ada yang merembet. Yang mahal itu variegata kalau udah jadi udah  rimbun, putihnya udah keluar kisaran harga diatas 20 jutaan,” ujar Farhan (1/12) di kebun bunganya pinggir Jl. Dadali, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

“Yang murah Rp 12.500.000 itu cuma dua daun yang putih dan ijo. Kalau ijo kecil 65.000, kalau udah merembet itu keatas Rp 200.000, Rp 300.000,” lanjut Farhan.

Saat ditanyakan peminat janda bolong kepadanya “Janda bolong biasa banyak, yang Rp.200.000, Rp.300.000, yang Rp.65.000 alhamdulillah yang ijonya mah, ada aja yang beli banyak. Paling cuman sisa berapa gitu, sekarang udah habis, sekarang sisa yang kecil-kecilnya doang”.

“Perawatannya paling nyiram, 3 bulan sekali ganti media,” lanjut Farhan. Rio pedagang bunga tak jauh dari Farhan mengatakan keunggulan janda bolong. “Kelebihannya unik aja sih, daunnya bolong-bolong, ngikutin tren-tren,” ujar Rio.

Pecinta tanaman hias dari Ambon, Dea mengatakan, dia sudah memiliki janda bolong sebelum booming. Setelah booming banyak yang meminta kepadanya untuk dijual  namun dia tak mau karena ingin dijadikan pajangan saja di rumahnya.

**Eliyani [MG-UIK/Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here