Bima Arya Disebut Lebai

0

Pengamat Politik: Lampaui Kewenangan Rumah Sakit

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pengamat politik Muslim Arbi menyayangkan sikap Walikota Bogor Bima Arya yang memaksa agar Habib Riziq Shihab melakukan tes ulang swab. Padahal Habib Rizieq yang kini sedang melakukan pemulihan kesehatan di RS Ummi Bogor akibat kelelahan sudah menjalani tes swab mandiri oleh tim medis Mer-C dan pihak RS Ummi. Sikap Bima pun dinilai telah melampau kewenangannya sebagai waikota.

“Jangan lebay, pemimpin itu harus jadi pengayom. Tidak boleh ada unsur-unsur politik, padahal apa yang dilakukan Habib Rizieq perlu diapresiasi karena telah dengan kesadarannya melakukan swab mandiri. Apakah dia (Bima Arya) tidak percaya dengan petugas kesehatan atau dokter?,” ungkap Muslim Arbi dalam keterangannya via WhatsApp, Sabtu (28/11)

Muslim Arbi yang juga Direktur GARPU (Gerakan Perubahan) kembali menegaskan, apa yang dilakukan Bima Arya memerintahkan Habib Rizieq dan RS Ummi agar tes ulang swab, merupakan tindakan berlebihan. “Sebetulnya dalam kapasitas Bima Arya sebagai Walikota Bogor melampaui kewenangan dia. Apakah itu aturannya? Ada apa kok begitu sinis ke Habib Rizieq. Padahal swab atas dasar inisiatif sendiri yang dilakukan Habib Rizieq merupakan edukasi yang telah memeriksakan kesehatannya terkait Covid-19,” tandasnya

Menurutnya, sikap dan tindakan Bima Arya terlalu jauh mencampuri urusan yang tidak perlu dilakukan. Hal ini menjadi persoalan karena tindakannya berlebihan melampaui dia sebagai walikota. Seperti diketahui, banyak kelurga artis dan pejabat melakukan swab mandiri mendapat apresiasi, namun yang jadi persoalan giliran Habib Rizieq Shihab malah terkesan dicurigai. Padahal swab itu sendiri bukan kewajiban, tapi kesadaran masing-masing.

Seperti diketahui Direktur Utama RS Ummi, Andi Tatat membenarkan Habib Rizieq masuk ke RS Ummi pada Rabu (25/11). Ia mengatakan bahwa HRS menderita kelelahan akibat padatnya aktivitas dan dokter RS belum menyarankan untuk swab. “Alhamdulilah dari hasil screning di tim kami, tidak mengarah ke Covid.  Saat ini beliau dalam keadaan sehat walafiat segar, tapi masih dalam pantauan kami,” katanya.

Sebelumnya Bima Arya mendatangi ruang rawat inap Habib Rizieq Shihab  di ruang President Suit RS UMMI, didampingi KapolrestaBogor dan Dandim 0606 Kota Bogor, Jumat (27/11) malam.

Menurut Bima, Habib Rizieq yang diwakili menantunya, Habib Munief Alatas menolak tes swab oleh petugas Dinkes Kota Bogor dan mengaku telah menjalani tes swab mandiri oleh tim medis Mer-C. Sebelumnya, Dinkes Kota Bogor yang ditugaskan untuk melakukan tes swab atas Habib Rizieq dan keluarga ditolak dengan alasan Habib Rizieq sudah menjalani tes swab mandiri. 

** ass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here