Drainase Buruk, Satu Rumah Warga Terendam Banjir

0

Caringin | Jurnal Inspirasi

Akibat buruknya drainase lingkungan di Kampung Ciderum, RT 02 RW 09, Desa Ciderum, Kabupaten Bogor, membuat satu rumah milik warga terendam banjir. Irvan (38), warga Kampung Ciderum, RT 02 RW 09 mengatakan, kejadian banjir ke rumahnya saat curah hujan tinggi pada Minggu (22/11), sekitar pukul 13.05 WIB. Saat air masuk kedalam rumah, dirinya sedang kumpul bersama keluarga.

 “Saya dan istri kaget saat tiba-tiba air masuk kedalam rumah. Saya dan istri pun keluar untuk mencari bantuan tetangga,” ungkapnya kepada wartawan.

Kejadian banjir itu, lanjutnya, bukan kali pertama terjadi. Sebab, setiap kali hujan dengan curah tinggi, rumahnya selalu menjadi langganan banjir yang berasal dari drainase.  “Karena drainase di lingkungan disini buruk dan posisi rumah saya berada di bawah, makanya selalu terkena banjir,” papar Irvan.

Irvan berharap agar ada perhatian dari pemerintah, terutama pemerintah desa untuk penanganan banjir tersebut dengan memperbaiki drainase lingkungan di RT 02. “Harapan saya sih biar cepat ada perbaikan drainase,” paparnya.

Begitu mengetahui adanya rumah warga yang terendam banjir, Wakil RW 09, Baba langsung membantu melakukan evakuasi peralatan rumah milik Irvan dengan mengamankan ke tempat yang aman dari air.  “Apa saja yang masih bisa kita selamatkan langsung dibawa ketempat aman,” ujar Baba.

Usai membantu mengevakuasi barang-barang di rumah Irvan, Baba beserta warga lainnya melakukan penanganan di sekitar drainase dengan membersihkan sampah beserta ranting pohon yang menyumbat aliran air. “Aliran air sangat kencang, karena air limpahan dari RT 01 semua mengalir ke wilayah RT 02,” jelasnya.

Baba mengaku dirinya akan meminta ketua RW 09 untuk mengajukan bantuan perbaikan drainase yang ada di lingkungan RT 01 dan 02 kepada pihak pemerintah. Sehingga, kejadian seperti ini tidak terulang lagi saat hujan dengan curah tinggi. “Secepatnya agar ketua RW 09 melakukan penanganan,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here