26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Realisasikan Kampung Atlet, Pemkot Bogor dan KONI Minta Bantuan Jabar

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal mengajukan bantuan anggaran sebesar Rp298 miliar kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk membangun Kampung Atlet di Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal.

Pemkot sendiri telah menyiapkan lahan seluas 7 hektar di tanah eks TPA Kayumanis, yang nantinya akan dibangun wisma atlet, lapangan tembak, indoor stadium, aquatic stadium, dan fasilitas lainnya.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudy Mashudi mengatakan bahwa pihaknya bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Sekretaris Daerah Syarifah Sofiah dan KONI telah bertemu dengan Dispora Jawa Barat untuk membahas perihal rencana pembangunan tersebut. Namun, ada beberapa persyaratan yang mesti ditempuh, diantaranya kejelasan alas hak lahan serta Detail Engineerimg Design (DED).

“Kalau persyaratan itu sudah lengkap. Tinggal dimasukan permohonan ke dalam sistem informasi pengajuan kegiatan Pemprov Jabar pada Juni 2021 mendatang, agar dapat dicairkan pada 2022,” ucap Rudy kepada wartawan, Kamis (19/11/2020).

Rudy menegaskan, anggaran sebesar Rp298 miliar itu sudah termasuk dengan interior yang ada di dalam masing-masing bangunan. “Jadi dengan uang segitu, semuanya sudah selesai. Termasuk interior,” katanya.

Ia menyatakan bahwa saat ini Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Bogor tengah memroses sertifikat atas lahan eks TPA Kayumanis. “Masih diproses sertifkatnya. KONI sendiri diminta segera menyiapkan DED,” ungkap Rudy.

Pemkot, sambung Rudy, telah menyiapkan solusi lain apabila Pemprov Jabar tak mengabulkan permohonan bantuan secara keseluruhan.

“Solusi lainnya adalah meminta bantuan dana ke Bapenas. Atau bila tidak, nanti Dispora Jabar akan membangun indoor stadium, aquatic stadium dibangun pusat. Sedangkan sisanya memakai dana Corporate Social Resposibillity (CSR),” jelasnya.

Namun, kata dia, pada intinya Pemprov Jabar sangat mendukung keinginan Pemkot Bogor. Sebab, apabila sarana olahraga dibangun di Kayumanis, maka Jabar pun akan ikut terfasilitasi.

“Apalagi mereka (Pemprov Jabar) meminta agar Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLPD) juga dibangun di Kayumanis,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argoebie mengatakan bahwa pihaknya siap untuk all out agar pembangunan Kampung Atlet dapat rampung pada 2024 mendatang. Salah satunya dengan menyiapkan DED sesuai dengan instruksi Dispora Jabar.

“Jadi pada 2021 kita akan buat perencanaannya. Fasilitas di dalamnya akan menyesuaikan apakah terbuka atau tertutup. Kita juga bakal menggelar pertemuan lagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk memulai langkah membangun Kampung Atlet,” tutur Benninu.

Benninu juga mengaku sangat mengapresiasi langkah cepat Sektetaris Daerah Syarifah Sofiah dan OPD terkait yang menjalankan amanat Wali Kota Bima Arya untuk merealisasikan mega proyek tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Wali, Ibu Sekda dan OPD terkait, yang bergerak cepat. Sebab, Pak Wali sudah mengamanatkan agar pembangunan Kampung Atlet segera berjalan,” tuntasnya.

Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles