33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Naturalisasi Ciliwung Libatkan Asing

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menggandeng Pemerintah Victoria Australia, Monash University mengenai kerjasama program naturalisasi Sungai Ciliwung.

“Semua bentuk kerjasama dalam kaitan percepatan program Naturalisasi Sungai Ciliwung menjadi prioritas kerjasama Bogor dan Victoria Government,” ujar Wali Kota Bima Arya, Kamis (19/11).

Dalam waktu dekat, kerjasama yang akan direalisasikan adalah rencana hibah septictank komunal yang bisa merubah kotoran menjadi kompos dari salah satu perusahaan di Pemerintah Victoria ke Kota Bogor.

Hal ini merupakan bagian dari manajemen pengelolaan limbah dan infrastruktur yang mendukung kebersihan sungai ciliwung.

Bima Arya menceritakan pengalamannya satu pekan lalu bersama beberapa kepala perangkat daerah dan Komunitas Peduli Ciliwung menyusuri sungai Ciliwung, mulai dari Bogor ke Jakarta selama dua hari menggunakan perahu karet.

Menurutnya, cukup banyak persoalan yang ditemui, tidak hanya persoalan sampah, ada juga limbah industri dan yang lainnya.

Sementara itu, Perwakilan Pemerintah Victoria untuk Asia Tenggara, Rebecca Hill diawal memperkenalkan diri ke beberapa kepala daerah di kawasan Asia tenggara, termasuk Kota Bogor.

Dia mengungkapkan apresiasinya mengenai komitmen Kota Bogor atas kerja sama dengan Pemerintah Victoria dalam program Naturalisasi Sungai Ciliwung.

“Kami merasa senang Pemerintah Victoria dapat terlibat dan kami tahu kedepan kerja sama yang dijalani dengan Jawa Barat dan Kota Bogor sangat penting, karena memberikan tantangan. Fokus naturalisasi sungai berdasarkan perspektif yang berkelanjutan, perspektif kehidupan yang lebih baik dan perspektif ekonomi. Inilah yang menjadi alasan kami memberikan dukungan program tersebut,” pungkasnya.

Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles