24.6 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Pendemo: Usir Dubes Prancis

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Ribuan orang dari sejumlah kelompok Islam berunjuk rasa di luar kedutaan besar Prancis di Jakarta, Senin (02/11). Mereka marah dan protes terhadap pernyataan Presiden Prancis Emanuel Macron tentang Islam dan posisinya terkait penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW. Macron mengeluarkan statement yang bersifat Islamofobia sekaligus melindungi majalah Charlie Hebdo yang melakukan publikasi terhadap pelecehan Nabi Muhamad. “Usir Dubesnya, usir,” teriak massa aksi di sekitar lokasi, Senin (2/11).

Banyak dari mereka membawa poster karikatur yang menampilkan Macron sebagai setan, dengan wajah merah dan telinga runcing, disertai kata-kata ‘Macron adalah teroris yang sebenarnya’. Mereka meminta sang Presiden Prancis menarik pernyataannya tentang Muslim serta menyerukan boikot terhadap produk Prancis.

Pada aksi itu, beberapa tokoh dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 hadir di lokasi, di antaranya Syekh Abdul Jabar, Ustaz Haikal Hassan, dan tokoh-tokoh lainnya. “Izinkan saya membaca dalam bahasa Inggris agar sampai kepada kuping biadab itu. To Macron, the fucking president in the world,” teriak Ustaz Haikal disambut massa meneriakkan teroris.

“You because you destroy our community in the world. Do you know Donald Trump? He is a Christian but he never said bad about Muhammad SAW. But you Macron, but you Macron, you something bad about Muhammad SAW and now all of the world, all the people, prepare to destroy you,” seru Ustaz Haikal.

Seperti diketahui, Presiden Macron memicu protes besar di dunia muslim setelah Presiden Perancis itu berkomentar kalau negaranya tetap mempertahankan kebebasan berpendapat dengan mengizinkan kartun Nabi Muhammad dipublikasikan mingguan oleh Charlie Hebdo. Hal itu dilakukan Macron sebagai reaksi atas pembunuhan guru Samuel Paty baru-baru ini, setelah sang guru menunjukkan kartun Nabi Muhammad di kelasnya. Macron menganggap Paty adalah martir yang mengusung kebebasan berpendapat, serta menyebut pelaku sebagai seorang radikal muslim

Namun menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), pernyataan Presiden Macron mengundang permusuhan dan perselisihan umat Islam. Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas, karikatur Nabi Muhammad merupakan hal sensitif bagi umat Islam. Tapi hal itu, klaimnya, tak dipahami pemerintah Prancis. “Dalam agama Islam, haram hukumnya mencela Tuhan orang lain. Kalau kamu mencela, mereka akan mencela Tuhanmu. Kalau Charlie Hebdo tidak menghiraukan nilai-nilai agama, itu kesalahan berat,” ujar Anwar Abbas.

Ketua Umum Tasawuf Tauhid dan Fikih (Tastafi) Yusran Abbas menginginkan,  pemerintah berkoordinasi dengan pemerintah Prancis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Karena, menurutnya, umat muslim tidak menginginkan hal seperti itu terjadi. Selain itu, ia menambahkan, agar para presiden negara muslim mengecam tindakan Macron.

Protes juga berlangsung di kota lain termasuk Surabaya, Makssar, Medan dan Bandung yang sebelumnya juga dilakukan di Surakarta, Solo. Sedangkan di luar negeri, di ibu kota Bangladesh, protes pada Senin (02/11) melibatkan sekitar 50.000 orang. Sementara di Karachi, Pakistan, aksi protes ratusan orang pada Minggu (01/11) diwarnai dengan pembakaran patung Presiden Macron. Massa juga membentangkan spanduk yang berisi ajakan boikot pembelian dan pemakaian produk apapun buatan Prancis. Asep Saepudin Sayyev |*

Produk Danone Buatan Prancis

(Merek yang ada di Indonesia)

Aqua

Danone melekat dengan produk Aqua. Hal ini bermula pada 1998, terjadi aliansi strategis antara PT Tirta Investama dengan Danone melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd. Pada 2001 Danone meningkatkan kepemilikan sahamnya, sehingga menjadi pemegang saham mayoritas di grup Aqua.

Susu SGM 

Danone punya kaitan dengan PT Sari Husada Generasi Mahardhika. Danone Group mengakuisisi Royal Numico pada tahun 2008, menjadikannya sebagai pemegang saham mayoritas di Sarihusada. 

Vit

PT Varia Industri Tirta merupakan produsen air minum dalam kemasan (AMDK) Vit, Vit merupakan bagian dari PT Tirta Investama yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Danone.

Mizone

Produk minuman isotinik ini bagian dari AQUA Grup merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia yang didirikan pada 1973 dan kemudian menjalin kemitraan strategis dengan Danone pada 1998.

Nutricia

Nutricia merupakan bagian dari Danone Group dengan kategori bisnis Specialized Nutrition di Indonesia. Produknya antara lain Lactamil, Nutrilon Royal. Bebelac, Nutrinidrink MF6, Neocate Advance

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles