26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Cai Kabur, 5 Petugas Lapas Dinonaktifkan

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menonaktifkan lima petugas dari jabatannya terkait kaburnya terpidana mati kasus narkoba asal China, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan dari Lapas Klas I Tangerang.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti mengatakan untuk sementara waktu mereka ditempatkan di Kanwil Kemenkumham Banten. “Yang dinonaktifkan kepala pengamanan lapas Tangerang, dua komandan jaga dan dua anggota jaga,” kata Rika dikutip dari CNN, Sabtu (3/10).

Rika menegaskan sampai saat ini belum bisa dipastikan apakah kelima orang itu ikut terlibat dalam aksi pelarian Cai. Rika menyebut kelima orang itu dinonaktifkan dari jabatannya hanya untuk kepentingan proses pemeriksaan. “Itu untuk kepentingan pemeriksaan, bukan berarti yang bersangkutan itu terlibat. Itu kan masih dalam proses pemeriksaan,” ujarnya.

Sebelumnya, Cai Chang Pan berhasil kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Banten  dengan cara menggali tanah kamar tahanannya. Dari hasil gelar perkara awal, dua sipir diduga terindikasi membantu pelarian Cai. Keduanya, disebut membantu Cai membelikan pompa air untuk menggali lubang dan mendapat imbalan Rp100 ribu.

“Ada indikasi sementara ini dua pegawai sipir ini melakukan kelalaian yang bisa dikenakan Pasal 426 KUHP,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Jumat (2/10).

Kini tim gabungan masih mengejar keberadaan Cai. Fokus pencarian dilakukan di sekitar wilayah Hutan Tenjo, Kabupaten Bogor. Cai sendiri diketahui memiliki kemampuan survival atau bertahan hidup di alam liar karena pernah ikut latihan kemiliteran di China.

**ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles