26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Ratusan Rumah di Desa Petir Rusak

Dramaga | Jurnal Inspirasi

Pasca terjadinya fenomena alam hujan es disertai angin puting beliung yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bogor pada Rabu sore  (23/9), membuat ratusan rumah warga di 4 RW, 30 RT se-Desa Petir Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor rusak sedang dan berat.

Salah seorang warga, Umar (45) mengatakan, saat kejadian itu langit terlihat mendung hitam lalu hujan disertai es batu disusul angin kencang yang langsung menerpa menghempas beberapa bangunan dan pohon tumbang.

“Awalnya langit terlihat mendung dan turun hujan es batu langsung disusul angin kencang dan hujan deras saya azan, istighfar sama anak dan keluarga karena anginya begitu kencang, atap asbes rumah saya berterbang,” kata Umar kepada wartawan, Kamis (24/9).

Sementara menurut Kepala Desa Petir, Sukardi mengatakan pasca kejadian angin puting beliung ada 100 bangunan milik warga rusak, sebagian besar atapnya beterbangan. “Ada seratus rumah yang rusak, rusak berat 20, dan rusak sedang 80 sebagian besar bagian atapnya,” kata Sukardi.

Sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Muspika Kecamatan Dramaga dan BPBD Kabupaten. “Pendataan masih terus dilakukan, sampai saat ini dikhawatirkan masih ada yang belum terdata,” kata Sukardi.

Ia berharap bantuan Pemkab Bogor segera datang. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, bantuan yang dibutuhkan selain bahan makanan juga material bangunan untuk memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak,” katanya.

Sementara Camat Dramaga Ivan Pramudia di Kecamatan Dramaga ada tiga desa yang terdampak angin puting beliung. “Petir hampir seratus rumah yang rusak, Desa Purwasari ada lima untuk Desa Sukadamai masih didata yang terparah Desa Petir,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles