31.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Bima Belum Izinkan Tempat Karaoke dan Wisata Kolam Renang Beroperasi

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menerapkan Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada 3 Juli hingga sebulan kedepan. Kendati demikian, belum semua tempat wisata dilerbolehkan beroperasi.

Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan, tempat seperti panti pijat, karaoke dan wisata kolam renang belum bisa dibuka. Hal itu lantaran ketiga sektor itu berisiko tinggi menjadi area penularan antar pengunjung. “Jadi tiga itu belum bisa diizzinkan,” ucapnya kelada wartawan, Kamis (2/7/2020).

Bima memastikan akan menindak tegas, para pengusaha tiga bidang ini, jika ngotot beroprasi di masa Pra AKB. “Kami akan tindak tegas, entah itu penutupan sementara atau pengkajian kembali izin usahanya seperti yang sebelumnya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Atep Budiman mengatakan bahwa sudah banyak tempat wisata yang mengajukan proposal relaksasi di masa Pra AKB. “J-Bound, The Jungle, Kuntum, Kebun Raya Bogor, de Voyage dan lain-lain,” kata Atep.

Namun, kata Atep, untuk wahana air belum dapat dibuka dalam waktu dekat lantaran masuk ke dalam kategori high risk (risiko tinggi). “Berdasarkan hasil kajian epidemiologi tidak boleh ada tempat yang melibatkan banyak krang. Seperti wahana air, dimana di dalamnya banyak interaksi anak-anak. Memang sampai saat ini belum ada kajian resmi apakah air sebagai media penghantar penularan,” katanya.

Atep mengatakan, tempat wisata yang masuk dalam kategori high risk akan dibuka apabila grafik pandemi Covid-19 semakin melandai. “Lagipula penerapan protokol kesehatan di wahana air masih susah. Nah, kalau untuk J-Bound dan Kuntum masuk kategori low risk,” paparnya.

Lebih lanjut, kata Atep, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap tempat-tempat wisata yang akan diujicobakan. “Ya, syukur-syukur pemantauannya dapat dikolaborasikan dengan teknologi,” tandasnya.

Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles