Home Potret Desa Akibat Hujan Deras, 2 Rumah di Batutulis Ambruk

Akibat Hujan Deras, 2 Rumah di Batutulis Ambruk

Ruhiyat: Kami Akan Dorong ke BPBD Segera Dibangun

Nanggung l Jurnal Inspirasi
Hujan deras disertai angin kencang pada Senin (23/6) malam, mengakibatkan dua rumah milik Lilis (25), warga Kampung Pasirgintung RT 03 RW 04, serta rumah milik Emur (60) RT 04 RW 05, Kampung Panjaungan, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung ambruk rata dengan tanah.

Orang tua Lilis, Omah mengaku kaget melihat kondisi rumah anaknya porakporanda rata dengan tanah. Janda 4 anak  berusia 50 tahun ini tidak bisa berbuat banyak karena keterbatasan. Omah menjelaskan, 5 bulan terakhir ini, rumah anaknya sudah tidak ditempatinya, karena khawatir sewaktu waktu  terjadi ambruk dan mengancam keselamatan anaknya.

“Melihat kondisi rumah yang ditempati anak, sebelumya kami sarankan untuk segera pindah ketempat yang lebih aman,” tutur Omah yang kesehariannya menjadi pedagang gorengan bercerita, mantu dari suami Lilis telah meninggal dunia sebelum lebaran  Mei 2020 dan meninggalkan kedua anaknya tanpa seorang ayah.” Sambil terbata-bata ia berharap adanya bantuan pemerintah untuk membangun rumahnya seperti sedia kala.

Pantauan di lokasi, para pengurus RT dan RW melakukan swadaya membersihkan sisa material  rumah yang ambruk, termasuk penggalangan dana untuk membantu  dan meringankan beban keluarga korban.

Ditempat yang sama, Ketua LPM Desa Batutulis Erwin Jamaludin mengatakan, ambruknya rumah itu ditengarai lantaran intensitas hujan yang lebat.

Dampak dari intensitas hujan tinggi dan konstruksi  bangunan kondisinya sudah  lapuk termakan usia, sehingga kedaannya rumah tersebut sudah tidak layak huni. ” Semakin menurunnya kuota untuk rehab rumah dari Pemkab Bogor, maka tidak sebanding dengan jumlah data base RTLH di Batutulis. Jumlah RTLH di Desa Batutulis masih diangka ratusan Kepala Keluarga (KK) yang mesti dibantu pemerintah,” papar Erwin yang akrap dipanggil Boni.

Peristiwa ini, kata Boni, akibat dari bencana alam, kedua rumah  atas nama Emur warga Panjaungan serta atas nama Lilis kondisinya ambruk dan sangat memprihatinkan. “Oleh karenanya kami meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membantu bangun kedua rumah warga yang kini sedang kesulitan,” pintanya.

Pihak BPBD Kabupaten Bogor saat di konfirmasi belum memberikan keterangan terkait kondisi kedua bangunan rumah  yang porak poranda. Sedangkan Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Demokrat Ruhiyat Sujana berjanji akan mendorong ke pihak BPBD agar kedua  bangunan rumah  yang ambruk itu bisa dibangun.

** Arip Ekon

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version