PUPR Bangun Jembatan Sementara di Blokparis

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi
Tidak menunggu waktu lama, Jembatan Ciputih yang berlokasi di Kampung Blokparis RT 01 RW 02, Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung yang sudah mengalami kerusakan yang cukup parah, akhirnya direspon Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor dengan dibangunnya jembatan sementara bailey.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan wilayah VI Cigudeg, Punti Minesa menyatakan,  jembatan bailey dibangun untuk antisipasi sebelum dilakukannya pembangunan secara permanen. “Agar aktivitas warga bisa kembali lancar, karena lalulintas  tertahan sebelah dan harus bergantian akibat kerusakan jembatan yang terjadi pada awal tahun Januari 2020 lalu,” kata Punti kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Kondisi jembatan Ciputih  diatas bentangan kali Ciputih diareal ruas jalan Panjaungan, Nanggung memiliki panjang 9 meter dengan lebar 6 meter. “Pengerjaan jembatan yang akan dijadwalkan pada 2021 mendatang, kalau dilaksanakan di tahun  ini tidak memungkinkan meski masuk diperubahan ditambah adanya wabah Covid- 19 dikhawatirkan tidak selesai,” jelas Punti.

Sementara di lokasi, tim pekerja teknis sedang memasang  jembatan bailey dan terlihat material, seperti batu belah agregat untuk opritan agar landai dan sudah bisa difungsikan sehingga laju kendaraan bisa melintas di atasnya. “Bangunan jembatan sementara bailey merupakan upaya tanggap darurat dan pengerjaannya paling lambat 3 hari paling cepat 2 hari,” tuturnya.

“Keberadaan jembatan tersebut sudah kami koordinasikan dengan Dinas PUPR karena kondisinya sudah berlubang dan semakin hari semakin terkikis, diharapkan peningkatan jembatan di 2021 bisa diprioritaskan,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, warga sekitar Ida (43) mengakatan, kondisi jembatan itu keadaanya mengkhawatirkan karena sudah lapuk termakan usia. ” Akses jembatan ini sangat vital dan warga di wilayah Nanggung pastinya sangat mengharapkan pembangunan jembatan tersebut,” pungkas Ida.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here