27.1 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Virus Gowes Kian Menjamur di Puncak

Cisarua | Jurnal Inspirasi  

Banyak cara yang bisa dilakukan menjaga imunitas tubuh, kesehatan maupun kebugaran dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan berolahraga rutin, mulai dari jogging, fitnes, atau dengan cara bersepeda santai. Apalagi dimasa pandemi virus Covid-19 yang saat ini terus meningkat penyebarannya di tanah air Indonesia, masyarakat diminta untuk rajin berolahraga setiap harinya agar kondisi fisik tetap fit, dan bugar.

Ternyata, dampak dari penyebaran virus Covid-19, sangat berpengaruh besar bagi masyarakat. Karena selama adanya Covid-19, tidak sedikit masyarakat yang awalnya malas berolahraga kini menjadi rutin untuk olahraga. Bahkan sekarang ini muncul virus baru, yakni ‘Virus Gowes’ atau disebut bersepeda santai dengan teman-teman, seperti yang dilakukan Komunitas ‘Goweser Leuwimalang’ Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, yang kerap mengisi waktu santai dengan bersepeda.

Virus gowes atau bersepeda santai di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, terus menjamur dalam setahun ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan gowes yang dilaksanakan baik oleh pemerintah maupun swasta lainnya. Bahkan bukan hanya itu, komunitas-komunitas sepeda juga telah banyak berdiri. Tidak heran jika tiap sore, maupun pagk, dibeberapa tempat di Kecamatan Cisarua para pesepeda terlihat lalu lalang khususnya di Desa Leuwimalang.

Seperti yang dilakukan Komunitas Puncak Gowes, mereka bersepada bersama menuju air terjun Cibogo, pada akhir pekan kemarin, guna mengisi waktu liburan bersama dengan para pecinta gowes.

“Kegiatan gowes ini memang belum lama menjadi rutinitas kami khususnya para pemuda di Desa Leuwimalang. Bahkan peminatnya pun belum terlalu banyak, namun tiap hari terus bertambah. Dari berbagai kalangan dan profesi sudah mulai menggeluti dunia gowes ini,” kata Perwakilan Goweser Leuwimalang, Erlan Dicky, Senin (8/6).

Erlan mengungkapkan alasan dirinya menyukai dunia sepeda ini. Menurutnya, bersepeda merupakan salah satu kegiatan untuk tetap menjaga kebugaran dan stamina tubuh. Apalagi nyaman bersepeda, itu selain olahraga juga bisa menikmati alam di kawasan Puncak Cisarua.

Dia melanjutkan, dalam waktu dekat dirinya dan semua rekan-rekan pecinta sepeda akan membentuk sebuah wadah atau komunitas sepeda dalam rangka agar hobi bersepeda ini dapat terus terjaga. Terlebih bersepeda ini, tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, tetapi juga bisa menyehatkan pikiran, karena berbaur dengan teman-teman serta alam yang indah.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk menebar ‘virus’ bersepeda dalam kehidupan sehari-hari kita. Yah, itung-itung mengurangi polusi udara juga. Jadi bepergian dengan jarak dekat, bukan lagi pake motor atau mobil, tinggal gowes saja,” pungkasnya.  

** Asep Syahmid

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles