27.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Muspika Nanggung Bahas Relokasi Rumah yang Terdampak Bencana

Nanggung l Jurnal Inpirasi

Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Nanggung bersama BPBD menggelar rapat pembahasan relokasi rumah yang terkena dampak bencana di 7 desa.  Camat Nanggung Ae Saefulloh, mengatakan, perencanaan relokasi rumah yang terdampak bencana tanah longsor sampai Rabu (3/6) hari ini masih jadi pembahasan serius di Pemerintah Kabupaten Bogor.

Sebelumnya perencanaan bangunan relokasi akan dimulai sebelum puasa, mengingat adanya wabah virus Corona sehingga perencanaan pembangunan  dalam pembahasan secara teknis,” ujar Ae kepada wartawan, kemarin.

Pada Januari bencana tanah longsor banjir melanda  beberapa kecamatan di wilayah barat, salah satunya di Nanggung. “Kita mengadakan rapat diantaranya untuk pasca bencana  tentunya kita mengarah ke tujuan awal, bahwa andaikan pemerintah daerah bisa mengabulkan ini segera di relokasi sesuai dengan apa yang kita rencanakan.”

Sekarang persiapan progres pembangunan, sambungnya, untuk tempat relokasi sudah clear dan sudah diukur oleh BPN dan titik-titiknya sudah jelas tinggal menunggu realisasi dari pemerintah.” Tetapi tapi lagi-lagi kita harus maklum posisinya sekarang seperti ini karena ada yang penting dari pada lebih penting,” imbuhnya.

Dari 10 desa di Kecamatan Nanggung 7 desa yang paling terdampak diantaranya,  Desa Malasari, Nanggung, Bantarkaret, Curugbitung dan Desa Cisarua,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, salah satu warga korban bencana alam warga Kampung Rancabakti, Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung yang masih masih tinggal dipengungsian Atang (38) mengaku tidak ada pilihan lain. “Kami dengan warga korban lainnya masih bertahan tinggal ditenda pengungsian karena rumah kami mengalami rusak berat dan sudah tidak bisa dihuni,” kata dia.

Meski, sejumlah korban bencana hampir seluruhnya sudah pindah ketempat lain karena masa tanggap darurat telah berakhir.” Dengan segala keterbatasan maka itu kami sangat terpaksa masih tinggal di pengungsian,” tutupnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles