Simpang Ciawi Dipenuhi PMKS dan Anjal

0

Ciawi|Jurnal Inspirasi

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Anak Jalanan (Anjal) di Simpang Ciawi, perbatasan antar Kota dengan Kabupaten Bogor, semakin banyak. Sekitar puluhan orang mengais rezeki dengan mengamen hingga meminta-minta mengharap belas kasihan warga yang melintasi jalan tersebut.

Kasi Trantib Pol-PP Kecamatan Ciawi, Acep Hasbullah, sering kali pihaknya menghalau hingga mengusir para PMKS dan Anjal di lampu merah Simpang Ciawi.  “Sudah sering dihalau namun balik lagi, jumlahnya puluhan,” ungkapnya kepada wartawan.

Acep menyatakan, pihaknya hanya bisa sebatas melakukan penghalauan dan pengusiran. Untuk melakukan penertiban dan pembinaan, dibutuhkan instansi terkait yang memiliki wewenang dalam hak ini Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

Mantan Kasubag Prolap di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor itu mengaku, belum memiliki data jumlah PMKS dan Anjal yang berkeliaran di sekitar area simpang Ciawi.  “Untuk PMKS sementara ini baru itu yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Sementara, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dian Mulyadiansyah mengatakan, semakin banyaknya jumlah PMKS dan Anjal di Kabupaten Bogor, merupakan kondisi rutin di setiap bulan Ramadhan terutama menjelang lebaran.

“Ditambah dengan situasi dampak Covid-19 berpengaruh terhadap bertambahnya jumlah PMKS dan Anjal,” paparnya. Dian mengungkapkan, banyak dari mereka yang bermigrasi dari kota – kota besar seperti Jakarta, Depok dan Cianjur ke wilayah Kabupaten Bogor.

Untuk itu, pihaknya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan penertiban dan pembinaan kembali.

Namun, menurutnya hal ini tidak akan menyelesaikan permasalahan PMKS dan Anjal selama masih banyak warga yang memberikan uang ke mereka.  “Ketika tidak ada yang memberikan uang, mereka juga akan berfikir untuk berhenti di jalanan,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here