33.1 C
Bogor
Tuesday, May 28, 2024

Buy now

spot_img

Transaksi Online Diterapkan di Pasar Modern Sentul City

Sentul | Jurnal Inspirasi

Masifnya penyebaran covid-19, keberadaan pasar tradisional menjadi sorotan, Manajemen pasar modern di Kawasan Sentul City Kabupaten Bogor Jawa Barat memutuskan untuk menerapkan transaksi online, karena khawatir penularan virus Corona  atau COVID-19.

“Kami ingin pasar tetap jalan seperti biasa. Sebab, kalau pasar sampai berhenti beroperasi kasihan para pedagang dan juga kasihan para konsumennya,’’ ujar Direktur Pasar Bersih Sentul City, Magdalena Laksmana, Senin.

Menurutnya, transaksi online itu dengan cara membuatkan brosur digital berisi informasi nama dan nomor WhatsApp para pedagang berdasarkan kategori komoditas seperti sayuran, sembako, ikan basah air tawar, ikan basah laut, ayam, daging, dan lai-lain. Kemudian brosur digital itu dibagikan ke 8.000-an kepala keluarga yang tinggal di Kawasan Sentul City.

“Alhamdulillah, secara teknis tidak ada masalah karena semua pedagang memiliki smartphone,” kata Magda.

Ia mengatakan, langkah ini dilakukan untuk memotong mata rantai penularan COVID-19 di wilayah Kabupaten Bogor. Pasalnya, Kabupaten Bogor masuk dalam zona merah COVID-19.

Magda optimistis langkah tersebut dapat memutus mata rantai penularan COVID-19, serta akan mempercepat pemulihan kondisi tanpa harus menghentikan kegiatan perdagangan.

‘’Mudah-mudahan cara ini diikuti oleh pengelola pasar lain di Indonesia. Kita harus tetap menjaga ketersediaan kebutuhan pokok, tetapi juga harus berupaya menghentikan penyebaran virus corona,’’ pungkasnya.

Aga Alamanda |*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles