29.6 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Jalan Jembatan Cihalang Amblas

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Jembatan Cihalang, Desa Curugbitung, Kecamatan Nanggung mengalami amblas sedalam 15 meter dengan lebar 6 meter. Jalan penghubung antara Desa Cisarua dan Malasari berstatus milik Kabupaten Bogor. Warga sekitar Marzuki (47) menerangkan, jalan amblas itu terjadi ketika curah hujan tinggi ditambah minimnya pepohonan sehingga terkikis dan terjadinya amblas. ” Antisipasi kerusakan lebih besar,  pihak UPT PUPR bias melalukan pengerjaan dengan pemasangan bronjong,” imbuhnya.

Selain tanah amblas, longsor dan pergerakan tanah juga terjadi wilayah Gunung Eusing dan Sali.” Tanah amblas  terjadi beberapa waktu lalu sekira pukul 03: 00 WIB dini hari,” kata Sekretaris Desa Curugbitung, Dede Taufik, melalui sambungan teleponnya kepada Jurnal Bogor, Senin (23/3).

Menurutnya, musibah longsor terjadi di Gunung Eusing hingga menutup jalan desa. Warga sekitar saat ini belum  membersihkan dampak longsor tersebut  karena dikhawatirkan longsor susulan bisa kembali terjadi. “Tidak ada korban jiwa, hanya saja hewan ternak milik warga yakni 5 ekor kambing tak terselamatkan karena tergerus longsor,” sebutnya.

Sedangkan peristiwa pergerakan tanah tepatnya di Kampung Gunung Sali di lingkungan RW 14, sejumlah warga masih menempati rumahnya masing-masing,” Lokasi pergerakan tanah maupun longsor berada diatas gunung tidak jauh dengan permukiman. Penghuni rata-rata korban bencana alam yang terjadi bebera bulan lalu.

“Sampai sekarang para korban tersebut masih menunggu kepastian kapan mereka akan direlokasi.

Padahal, lanjut Dede, sebelumnya informasi yang diterima dari Pemkab Bogor bahwa bangunan relokasi akan segera dimulai yang katanya sebelum bulan puasa rumah tersebut sudah bisa dihuni.” Tidak sedikit warga menayakan tentang nasib mereka, nyatanya  pengerjaan relokasi sampai hari ini belum juga dimulai,” pungkasnya.

Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles