32.6 C
Bogor
Tuesday, April 16, 2024

Buy now

spot_img

Social Distancing Saja tak Cukup

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Kebijakan penerapan pembatasan sosial atau social distancing yang dilakukan Presiden Joko Widodo dinilai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak cukup. Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyikpai penanganan Covid-19. Tedros menginginkan harus dilakukan secara komprehensif oleh setiap negara.

Menurut dia, penerapan social distancing tidak cukup untuk mengatasi penularan penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru tersebut. Saat menyampaikan keterangan kepada media, Tedros mengatakan bahwa penerapan pembatasan interaksi sosial langsung seperti peliburan sekolah dan pembatalan kegiatan olahraga untuk mengendalikan penularan Covid-19 belakangan meningkat. Tindakan pembatasan sosial dapat membantu mengurangi penularan dan memungkinkan sistem kesehatan untuk mengatasinya.

“Cuci tangan dan menutup mulut menggunakan siku saat batuk bisa mengurangi risiko diri sendiri dan orang lain. Namun, itu saja tidak cukup untuk menumpas pandemi ini. Seperti yang selalu saya katakan, semua negara harus menjalankan pendekatan komprehensif,” kata Tedros.

Dia mengatakan, cara paling efektif untuk mencegah infeksi dan menyelamatkan jiwa adalah memutus rantai penularan. Untuk itu, melakukan pemeriksaan dan karantina perlu dilakukan. “Anda tidak bisa melawan api dengan mata tertutup, dan kita tidak bisa menghentikan pandemi ini jika kita tidak tahu siapa yang terinfeksi. Kami punya pesan sederhana untuk semua negara: tes, tes, tes. Periksa setiap kasus yang dicurigai (Covid-19),” kata Tedros.

Apabila hasil tes positif, Tedros melanjutkan, isolasi mereka dan temukan siapa yang pernah berhubungan dekat dengannya sampai dua hari sebelum gejala berkembang. Kemudian, periksa orang-orang itu juga. WHO merekomendasikan pemeriksaan dilakukan pada orang-orang yang berhubungan dengan orang yang diketahui positif Covid-19. Menurut WHO, mereka yang menunjukkan gejala serupa infeksi virus corona harus diperiksa.

Badan kesehatan dunia sudah mengirimkan hampir 1,5 juta perangkat pemeriksaan ke 120 negara. Hal ini dilakukan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan ketersediaan perangkat pemeriksaan ke negara-negara yang paling membutuhkan. WHO menyarankan seluruh pasien yang dikonfirmasi terserang Covid-19, termasuk yang menunjukkan gejala ringan, diisolasi di fasilitas kesehatan untuk mencegah penularan.

Asep Saepudin Sayyev |*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles