29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Ciampea Dirikan Posko Deteksi Dini Corona

Ciampea  | Jurnal Inspirasi

Untuk mengantisipasi mewabahnya virus Corona (Covid-19) masuk ke wilayah Ciampea, Pemerintah Kecamatan Ciampea dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Ciampea mendirikan Posko Diteksi Dini Pencegahan Penularan Covid 19 yang didirikan di halaman Puskemas. Camat Ciampea, Chaerudin Felani mengatakan, posko ini didirikan sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Ciampea.

Alasannya kata Camat, baru-baru ini telah beredar informasi di wilayah Ciampea, Desa Cihideung Udik dalam website Dinkes Pemprov Jabar ada warga berusia 26 tahun laki-laki dalam PDP Corona, meskipun sampai sejauh ini tidak ditemukannya warga yang PDP Covid-19 itu. “Posko didirikan sebagai upaya untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran Covid 19 di wilayah Kecamatan Cimapea,” kata Camat Ciampea Chaerudin Felani, kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Posko itu dirikan menyusul juga imbauan pemernitah pusat agar ada upaya antisipasi penyebaran virus Corona itu dilakukan oleh semua pihak. “Jadi mari kita bersama-sama untuk melawan penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing dengan menjaga kebersihan, dan sementara tidak bepergian ke tempat keramaian,” kata Cahaerudin.

Sementara Kepala Puskesmas Ciampea, Budi Suarman mengatakan, posko deteksi dini dirikan juga untuk warga yang ingin berobat. Sehingga warga sebelum masuk ke Puskesmas akan diperiksa suhu tubuh dan bagi pasien yang ingin berobat jika mengalami gejala mirip Covid-19 akan dilakukan pemeriksaan di posko).

“Ini salah satu upaya agar pasien yang di dalam puskesmas itu tidak tercampur pemeriksaannya dengan pasien yang memiliki riwayat demam. Alhamdulillah sampai saat ini belum ada yang terdeteksi jika pun ada akan kita langsung rujuk ke rumah sakit (RSUD Leuwiliang) agar dilakukan penanganan khusus,”ungkapnya. Budi mengatakan, posko itu didirikan rencananya selama 14 hari setelah pemerintah pusat menetapkan kewaspadaan darurat Covid 19. “Saya juga mengimbau agar masyarakat rajin mencuci tangan, memakai masker dan hindari keramaian. Seseorang lebih baik berdiam dulu dan jika mengalami gejala demam segera pergi ke dokter untuk berobat,” pungkasnya.

Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles