29.6 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Dihadiri Ketua DPRD Rudi Susmanto, Proyek Huntap Blok Cipendawa Dimulai

Sukajaya | Jurnal Inspirasi

Ratusan kepala keluarga (KK) di Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, yang rumahnya rusak akibat bencana tanah longsor awal tahun 2020 lalu, tak lama lagi akan meninggalkan tenda pengungsian.

Hunian tetap (Huntap) yang menjadi impian para pengungsi saat ini sedang dibangun,  ditandai dengan peletakan batu pondasi oleh Ketua DPRD Rudi Susmanto, disaksikan tokoh masyarakat Sukajaya, Jaro Ade, Jum’at (13/03) lalu.

“Alhamdulillah, proyek pembangunan Huntap, di Blok Cipendawa, Kampung Cigugur, Desa Cileuksa sudah dimulai, kita harapkan pembangunan Huntap cepat selesai, supaya pengungsi tidak lagi tinggal di tenda-tenda,” kata Ketua DPRD Rudi Susmanto, kepada wartawan, Minggu (15/03).

Bencana tanah longsor di Kecamatan Sukajaya, mengakibatkan 4.000 unit rumah rusak dan tak bisa lagi ditempati. Relokasi ke tempat baru menjadi pilihan, karena lokasi lama masuk katagori rawan tanah longsor.

“Saya merasa terhormat, karena dikasih kesempatan meletakan batu pertama pembangunan Huntap. Inysa Allah, pembangunannya lancar sesuai dengan rencana,” ujar Rudi.

Rudi pun mengapresiasi, peran mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, periode 2009-2014 Ade Ruhandi atau Jaro Ade, karena sejak bencana menimpa beliau langsung turun mendampingi para pengungsi untuk menyemangati mereka.

“Terima kasih kakanda senior, sumbangsih untuk warga Sukajaya tidak terhingga. Sekarang ayo kita pulang dulu ke Cibinong, karena rumah di sana (Sukahati, Cibinong-red) sudah lama ditinggalkan,” pinta Rudi, kepada Jaro Ade.

Sementara itu, Jaro Ade pun tak luput mengapresiasi, peranan Rudi Susmanto, karena selama masa tanggap darurat sampai pemulihan selalu memberikan perhatian kepada warga korban bencana.

“Proyek Huntap ini tak akan terealisasi, kalau tidak ada dukungan dari Kang Rudi, beliau itu selalu menyemangati saya dan para pengungsi, dan para kepala desa, agar tegar menghadapi ujian di awal tahun 2020 ini,” kata politisi Partai Gerindra itu.

Jaro Ade mengungkapkan, pembangunan Huntap, sumber dananya berasal dari sumbangan para relawan baik yang tergabung dalam organisasi maupun perorangan.

“Siapa pun boleh berpartisipasi menyumbang dana untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Huntap di Blok Cipendawa ini, karena kami menargetkan saat Ramadhan nanti, semua pengungsi di Kampung Cigugur sudah tinggal di rumah, bukan lagi di tenda pengungsian,” tutupnya.

Mochamad Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles