29.6 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Pemekaran di Kota Bogor Menggelinding Lagi

Bogor | Jurnal Inspirasi

Rencana pemekaran dua kecamatan di Kota Bogor, yakni Selatan dan Barat kembali menggelinding. Pasalnya, hal tersebut telah dikaji sejak 2018 lalu. Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Bogor Adi Novan mengatakan sebelum diajukan menjadi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), pihaknya akan terlebih dahulu menyusun draft untuk diajukan ke Bagian Hukum Setda Kota Bogor. “Insya Allah 2020 ini penyampaian raperda,” ujarnya kepada wartawan, baru-baru ini.

Menurut dia, pihaknya telah memetakan batas wilayah pada tingkat kelurahan dan kecamatan. Pemetaan itupun sudah dilerkuat dengan Perwali Nomor 131 Tahun 2019 tentang batas wilayah kelurahan.

Adi menyatakan bahwa draft raperda bakal disusun pada April mendatang, sehingga raperda dapat diajukan ke DPRD di akhir 2020. “Di APBD 2020 sudah dianggarkan Rp63 juta untuk menyusun raperda tersebut,” ungkapnya.

Kata dia, pihaknya akan segera berembuk dengan kelurahan dan kecamatan dalam waktu dekat, guna menentukan ibukota kecamatan, nama kecamatan dan kelurahan yang bakal masuk ke dalamnya. “Nah itu bakal dibahas dalam forum grup discusion,. Pemekaran ini bertujuan untuk lebih memaksimalkan pelayanan publik” tegasnya.

Hal itu lantaran kelurahan di Bogor sebagai besar berada di wilayah dua kecamatan tersebut. “Bogor Barat dan Selatan memiliki jumlah kelurahan yang paling banyak dengan jumlah 16 kelurahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Hidayatullah mengaku sudah mengetahui soal hal tersebut. Tetapi rincian kelurahan mana saja yang bakal keluar dari wilayahnya, ia mengaku tak mengetahuinya. “Sebab kan itu masih dimatangkan oleh pemkot. Jadi kami belum tahu,”. Ia menyatakan bahwa pihaknya hanya bisa menunggu hasil pembahasan dari pemkot. n Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles