32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

CFD Kota Bogor Dibuka Kembali

Bogor | Jurnal Bogor

Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan di Kota Bogor diadakan kembali setelah sebelumnya ditiadakan sejak 22 September 2019. CFD diberlakukan di sepanjang ruas Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. CFD dibuka kembali Minggu (1/3).

“Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali menggelar kegiatan bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day mulai Minggu (01/0/2020) disepanjang ruas Jalan Jendral Sudirman akan ditutup untuk kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih sejak pukul 06.00 – 09.00 WIB,” dilansir dari postingan akun twitter Dishub Kota Bogor (@dishubkotabogor).

Untuk kendaraan yang hendak melintasi kawasan CFD akan dialihkan ke Jalan Sawojajar dan Jalan Re. Martadinata. CFD di Jalan Jendral Sudrirman tersebut berdampak terhadap kelancaran lalu lintas di beberapa titik seperti di Jalan Sawojajar dan Jalan Abesin. Sering terjadi kepadatan volume kendaraan pada titik – titik tersebut akan tetapi anggota – anggota Dishub telah dikerahkan untuk membantu mengatasi lalu lintas di beberapa titik.

Personil – personil Dishub dan kepolisian di kerahkan untuk mengatur keamanan dan kelancaran lalu lintas di kawasan tersebut. Sedangkan personil Satpol PP di kerahkan untuk mengawasi agar tidak ada pedagang – pedagang yang berjualan di trotoar dan di jalan agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang sedang berolah raga.

“Biasanya terdapat kepadatan kendaraan pada jalan peralihan, tapi kami sudah mengerahkan personil – personil kami untuk membantu kelancaran lalu lintas di jalan – jalan tersebut,” kata Widi Budi A. selaku anggota Dishub Kota Bogor. Sedangkan untuk parkir kendaraan tersedia di sekitar halaman Bogor Permai dan di sekitar kawasan Air Mancur.

Sebelumnya CFD di Jalan Jendral Sudirman ditiadakan karena adanya proyek pembangunan jembatan layang atau flyover di Jalan RE Martadinata yang dilakukan pada tahun 2019. Proyek tersebut sangat berimbas terhadap kelancaran lalu lintas di kawasan tersebut sehingga tidak memungkinkan untuk diadakan CFD.

Diadakannya kembali CFD tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. “Saya setuju dan mendukung atas diadakannya kembali CFD disini karena jadi bisa olahraga bersama kerabat lagi,” ujar Taufik, warga yang sedang berolahraga.

Mochamad Iman Fajar Subqhi | MG

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles