27.3 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Demokrat Penjajakan 2024 Temui Anies

Jakarta | Jurnal Bogor

Ada beragam hal yang bisa dimaknai dalam pertemuan antara Sekretaris Jenderal Demokrat, Hinca Panjaitan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balaikota Jakarta, Kamis (5/3) lalu.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menduga, pertemuan yang digelar secara tertutup itu bisa saja membicarakan seputar Pemilihan Wakil Gubernur yang saat ini sedang diproses DPRD. “Namun tak menutup kemungkinan bisa juga Demokrat sedang menjajakkan Anies untuk 2024,” ungkapnya, Minggu (8/3).

Hal itu lantaran Anies sempat menjadi peserta konvensi Demokrat pada tahun 2014 lalu. “Bisa jadi saat AHY terhadang kekuatan lawan politiknya, maka Demokrat menjajaki tokoh lain. Salah satunya Anies,” tandasnya.

Menurut Ujang, Demokrat melihat Anies berpotensi menjadi calon presiden pada pemilu mendatang. Langkah Demokrat menjaring tokoh, kata dia, perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya hadangan terhadap karir politik Agus Harimurti Yudhoyono pada Pemilu 2024. “Bisa jadi saat AHY terhadang kekuatan lawan politiknya. Maka Demokrag menjajaki tokoh lain, yang salah satunya Anies.”

Selain itu, pertemuan Demokrat dengan Anies pun bisa jadi membahas soal pemilihan Wakil Gubernur DKI. Sebab, dalam waktu dekat pemilihan wagub DKI bakal segera dilakukan. Dua calon wagub yang akan didaftarkan adalah Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra. “Pertemuan tersebut pasti punya tujuan.”

Ketua Fraksi Demokrat DPRD DKI Desie Christyana mengatakan pertemuan pimpinan partainya dengan Anies hanya membahas soal penanggulangan virus Corona dan penyelenggaran kongres Demokrat yang bakal digelar di DKI. “Kami mengapresiasi langkah DKI yang tanggap dalam menanggulangi virus Corona,” ujarnya.

Menurut dia, Anies Baswedan telah bertindak cepat membentuk tim dan layanan dalam menindaklanjuti penyebaran virus sebelum Presiden Joko Widodo mengumunkan ada 2 warga Indonesia yang positif terjangkit virus tersebut. “DKI cepat dalam membentuk tim sebelum ada kabar warga yang positif diumumkan,” kata dia.

Asep Saepudin Sayyev |*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles