27.6 C
Bogor
Wednesday, April 17, 2024

Buy now

spot_img

Disdukcapil Distribusikan 285 Ribu KTP-el

Oetje Subagdja

Cibinong, Jurnal Inspirasi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mendidtribusikan ratusan ribu keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor, Oetje Subagdja mengatakan, perihal pelaksanaan pendistribusian blangko yang telah dicetak Disdukcapil Kabupaten Bogor telah di serahkan ke tiap-tiap kecamatan se-Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah pendistribusian KTP-el ke tingkat kecamatan sudah kami laksanakan sebesar kurang lebih 285 ribu,” kata Oetje saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (5/3).

Ia menjelaskan, hampir semua dari total penerimaan blanko KTP-el dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI mencapai 485.000 ribu keping. 

“Dari total 485.000 itu alhamdulillah yang telah tercetak oleh kami sudah diangka 438.000 ribuan,” katanya.

Menurutnya, pencapaian itu tidak lepas dari kerja yang maksimal dari jajarannya melalui program pencetakan massal yang dilakukan jajarannya pada Februari 2020 lalu.

“Pencetakan itu dilaksanakan siang dan malam atau selama 24 jam nonstop, dalam rangka menjawab masyarakat bahwa persediaan blangko di Kabupaten Bogor sudah banyak dalam sisi pendistribusiannya,” tambahnya.

Oetje yang juga mantan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga itu menerangkan, penerimaan blangko bagi jajarannya itu tak lepas dari upaya Bupati Bogor yang mengirim surat ke pemerintah pusat.

“Ini juga berkat ibu Bupati yang mengirim surat ke Adminduk pada Kementerian Dalam Negeri,” bebernya.

Dirinya juga berharap, dengan adanya program ini masyarakat semakin merasa terlayani khususnya di pelayanan adminstrasi kependudukan dalam kepemilikan fisik ktp elektronik tersebut.

“Dalam hal ini mudah-mudahan warga yang tadinya belum memiliki KTP-el kini sudah tercetak sebanyak 438 ribu untuk kami distribusikan,” imbuhnya.

Masih ditempat sama, Kepala Seksi Identitas Penduduk, Suparno menambahkan, dalam soal pendistribusian yang sesuai dengan teknis pihak pemerintah kecamatan masing-masing. Contohnya, kecamatan Cibinong yang menjadwalkan ke tiap-tiap kelurahan. 

“Jadi dari 13 kelurahan se-Kecamatan Cibinong ini menjadwalkan kepada masyarakat agar datang ke kelurahannya masing-masing untuk mengambil fisik KTP-el dengan persyaratan membawa Surat Keterangan (Suket) yang sebelumnya dipegang oleh warga,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, berbeda dengan di Kecamatan Cibungbulang dalam pendistribusian kepada masyarakat melibatkan satuan polisi pamong praja tingkat kecamatan beserta operator kecamatan langsung membagikannya ke warganya tersebut.

“Jadi pendistribusiannya tergantung teknis di masing-masing kecamatan setempat bagaimana mendistribuskannya kepada masyarakatnya itu. Terpenting, sesuai intruksi Bupati Bogor jika KTP-el ini langsung sampai ke yang bersangkutan dan ini gratis tanpa ada pungutan biaya seperak pun,” tutupnya. 

Noverando H

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles