29 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Pembuat Tanggul Jalan Bisa Dipidana

Caringin | Jurnal Bogor

Gara-gara ada tanggul atau polisi tidur dengan kondisi yang tinggi menggunakan bahan material beton, ruas Jalan Cikereteg-Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, mengalami kerusakan cukup parah. Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha (TU) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan wilayah II Ciawi, Karlan Apendi mengatakan, pihaknya sudah mensosialisasikan kepada para kepala desa (Kades) yang ada di Kecamatan Caringin agar tidak ada tanggul di setiap jalan umum.

“Semua Kades sudah saya beritahukan agar melarang warganya memasang tanggul di setiap ruas jalan milik pemerintah,” ujarnya kepada wartawan.

Selain melarang, lanjutnya, pada saat sosialisasi juga pihaknya memberikan aturan larangan sesuai dengan Undang-undang (UU) RI Nomor 36 Tahun 2004 Tentang Jalan. Didalam pasal UU itu disebutkan, sanksi terhadap siapapun yang memanfaatkan jalan, hingga menyebabkan terganggunya para pengguna jalan.  “Di Bab VIII ketentuan pidana disebutkan dari Pasal 63 dan 64 dengan denda maupun kurungannya,” papar Karlan.

Karlan mengimbau kepada para Kades yang ada di tiap kecamatan, terutama di wilayah II UPT Jalan dan Jembatan Ciawi, untuk membongkar tanggul-tanggul yang ada di jalan agar tidak mengganggu arus lalu lintas serta mengantisipasi terjadinya kerusakan.  “Kalau hanya tali kejut sih tidak apa-apa, itu juga harus ada izin dari Dinas Perhubungan (Dishub). Dan tali kejut dipasang hanya di lokasi fasilitas sosial maupun ke agamaan, seperti sekolah maupun sarana ibadah,” imbuhnya.

Sementara, Baharudin, penguna jalan mengaku kesal dengan adanya tanggul besar yang mengakibatkan kerusakan di ruas Jalan Cikereteg.  “Sebelum dibuat tanggul kondisi jalan bagus dan tidak rusak, sekarang malah berlubang dengan diameter besar,” keluh warga Desa Ciderum tersebut.

Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles