29.6 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Empat Makam di Kebon Danas Hanyut

Bogor, Jurnal Inspirasi

Sebanyak 4 makam di Pemakaman Kebon Danas, Kampung Nanggerang RT 03/Rw 06, Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, hanyut terbawa aliran Sungai Cigading pada Kamis (27/2). Berdasarkan pantauan lapangan, terlihat sebanyak dua jenazah yang masih terbungkus kain kafan menyembul dari makam.

Ketua RT 03, Dede Karmaji menjelaskan bahwa sebelumnya lahan pemakam tersebut seluas 4.500 meter persegi. Namun, lantaran terkikis aliran sungai luasnya semakin terkikis, dan kemudian terjadilah longsor yang menyebabkan makam hanyut.

Menurutnya, kejadian makam yang ambrol tergerus longsor dan hanyut sudah kerap terjadi sebelumnya. “Dulu paling hanya dua atau tiga makam saja. Kalau ditotal sejak kejadian dulu sampai sekarang sudah 10 makam yang terbawa hanyut,” ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Priatna Syamsah menjelaskan bahwa ada empat jenazah yang hanyut. Ia menuturkan bahwa terdapat beberapa tulang belulang yang ditemukan sekitar lima kilometer, tak jauh dari lokasi longsor.

“Kejadian ini bukan yang pertama terjadi. Sebelumnya juga pernah ada,” katanya.

Priatna menyatakan bahwa jenazah dari makam yang hanyut, rata-rata dikubur pada 1984 lalu. “Kami akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan RT untuk mencari tahu dulu keberadaan keluarganya, setelah itu dimusyawarahkan akan dipindahkan atau bagaimana,” ungkapnya.

Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles