27.6 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Bupati Bogor Panggil BUMD

Cibinong | Jurnal Bogor

Bupati Bogor, Ade Yasin mengumpulkan jajaran Direksi seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintahan Kabupaten (Pemkab), di Ruang Rapat Bupati Bogor, Cibinong, Senin (24/2).

Ade Yasin menegaskan, perusahaan plat merah dibentuk untuk dapat mendongkrak pendapatan pemerintah daerah.

“BUMD itu dibentuk untuk menjadi daya dongkrak terhadap penghasilan daerah, mindset itu wajib ditanamkan pada direksi. Jangan sampai keberadaan perusahaan daerah justeru membebani pemerintah,” tegas Ade Yasin.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PPP Jawa Barat (Jabar) ini mengatakan, pihaknya menekankan pada semua perusahaan daerah agar berkondisi sehat.

“Terus gali potensi yang ada sesuai bidang BUMD tersebut. Saya tidak ingin ada perusahaan daerah yang jalan di tempat,” ujarnya.

Ibu dua orang anak ini mengungkapkan, BUMD Kabupaten Bogor, sudah sebagian berjalan dengan baik. “Iya, ada yang sudah memberikan keuntungan dan ada juga yang belum,” katanya.

Untuk PT. Prayoga Pertambangan Energi (PPE), Ade Yasin meminta agar direksi yang baru dapat mengembangkan perusahaan tersebut lebih baik.

“PT PPE maupun lainnya harus profesional,  piawai dalam mengahadapi persaingan bisnis dan juga harus produktif. Saya minta mereka naik tingkat atau ‘sehat’ tentunya dengan mengambil langkah yang inovasi dan juga transparan,” imbuh ya.

Dalam kesempatan ini, mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini juga akan merustrukturisasi perusahaan plat merah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD.

“Langkah restrukturisasi ini kami ambil demi ‘sehatnya’ BUMD, untuk PDAM Tirta Kahuripan yang sudah sehat  saya pun mempertanyakan sudah 39 tahun berjalan kenapa sayacakupan pelayanannya baru 23 persen karena menurut saya harusnya sudah mencapai 50 persen,” jelasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, restrukturasi atau perubahan badan hukum tidak menjamin BUMD bakal maju tanpa dukungan dari aparatur Pemkab Bogor lainnya.

“Apapun namanya atau restrukturisasi tidak akan bisa memajukan BUMD apabila tidak didukung oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya, misal dalam pembangunan jalan aspalnya disarankan dari PT. PPE atau Aparatur Sipil Negara (ASN) menambungnya selain di BJB juga di Bank Tegar Beriman (BTB),” tandasnya. 

Noverando H

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles