Sambut Imlek 2571 Kongzili, Vihara Dhanagun Bersihkan Puluhan Rupang

    0
    rupang
    Tradisi kerja bakti Vihara dan membersihkan Rupang jelang Tahun baru Imlek 2571 di Vihara Dhanagun Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Minggu (19/01/2020). Foto: Antara

    Bogor | Jurnal Inspirasi

    Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 ratusan umat Tridharma menggelar tradisi kerjabakti dengan melakukan ritual membersihkan Rupang-rupang yang berlangsung di tempat ibadah Vihara Dhanagun Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Minggu (19/01/2020).

    Sebelum melakukan bersih-bersih dan memandikan rupang atau kimsin tersebut, kegiatan ini diawali dengan sembahyang. Kemudiam rupang satu persatu diturunkan, lokasi kanan dari dewa lelaki, bagian kiri dewa wanita dan di atas dewa utama.

    “Ini sudah menjadi ritual setiap tahunnya, dibilangnya Jinsing Siangang, tradisi bersih-bersih vihara, altar sama rupang, yang dimulai tanggal 24/12 penaggalan imlek, untuk menyambut tahun baru Imlek,” kata Pranke Sibbald Wakil Ketua Yayasan Vihara Dhanagun kepada media.

    Dikatakan Pranke, pembersihan pada penanggalan ini menyebutkan tradisi para dewa naik ke langit. “Itu yang dibilangnya legendanya. tapi menurut saya supaya orang bersihkan rupang enggak merasa bebas, enggak takut enggak sunkan,” imbuh Franke.

    Menurut spritual agama, kata dia, mandi rupang juga adalah sebagai bentuk reflexi diri membersihkan diri batin untuk mengambut tahun baru. Ada 40-50 rumpang yang dimandikan. Setelah dimandikan dewa-dewi dikembalikan ke altar. “Proses rupang naik, umat sembahyang lagi ini menjadi agenda rutin setiap tahun,” kata Franke.

    Rupang adalah bagian dari satu rangkaian Cap Go Meh (CGM) 2019 di Bogor. Yang rangkaiannya dimulai pada doa tutup tahun oleh anggota Sangha kepada YM. Kongco Hok tek Ceng Sin, Jum’at, 10 Januari 2020.

    Hari ini selain Mandi Bersih Altar Rupang, juga digelar Ayak Abu. Rangkaian pada 24 Januari nanti umat Kong Khu Cu mengelar sembahyah malam tahun baru. Dua minggu setelah implek, agenda dilanjutkan dengan Bazar CGM Bogor Street Festival, Sabtu 08 Februari 2020.

    Redaksi: Handy Mehonk

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here