jurnalinspirasi.co.id – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyerap 4.103 peserta program Magang Nasional 2025, terdiri atas 3.570 peserta tahap I dan 533 peserta tahap II.
“Dalam enam bulan program ini, kami mendapatkan banyak talenta yang siap mendukung ekspansi bisnis BNI, terutama di lini pemasaran simpanan dan kredit yang saat ini menjadi fokus penguatan perusahaan,” ujar Direktur Utama BNI Putrama Wahju Setyawan dalam keterangan tertulis dikutip neraca.co.id, Senin (1/12).
Menurutnya, program pemagangan ini sejalan dengan kebutuhan industri perbankan yang terus berkembang, terutama di tengah akselerasi layanan keuangan digital. Dia pun menyebut BNI membutuhkan talenta muda adaptif yang memahami proses bisnis perbankan, mulai dari pemasaran produk, pembiayaan, hingga layanan back office.
Dari total 4.103 peserta, sebanyak 88 persen peserta ditempatkan pada 205 kantor cabang dan 17 kantor wilayah, sementara 12 persen lainnya menjalani pemagangan di kantor pusat.
Distribusi penempatan peserta itu mendapat apresiasi dari Menteri Ketenagakerjaan Yassierli saat kunjungan kerja ke Kantor Pusat BNI. Menaker menilai distribusi penempatan peserta secara merata menjadi aspek penting agar pemagangan tidak hanya terpusat di kota besar.
BNI pun menegaskan komitmennya untuk terus berperan aktif dalam memperluas kesempatan kerja bagi lulusan muda serta mempercepat peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia melalui pengalaman kerja langsung di industri perbankan.
Di samping itu, kata Putrama, kolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan memperkuat konektivitas antara dunia pendidikan dan kebutuhan industri, sekaligus memastikan tersedianya suplai tenaga kerja muda yang relevan dengan transformasi sektor finansial.
BNI berharap program Magang Nasional dapat menciptakan talenta profesional yang berdaya saing dan siap menghadapi kebutuhan pasar kerja di masa datang. (ded)

