31 C
Bogor
Friday, October 18, 2024

Buy now

spot_img

Korsleting Listrik, Rumah Dua Lantai di Cimahpar Dilalap Api

jurnalinspirasi.co.id – Kebakaran terjadi di sebuah rumah tinggal dua lantai di Cimahpar RT 03/RW 08, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kamis (17/10/2024).

Laporan kebakaran diterima oleh petugas pada pukul 17:25 WIB melalui telepon dari pelapor, Awen, yang juga pemilik rumah.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kota Bogor, M. Ade Nugraha mengatakan bahwa petugas langsung merespons cepat setelah menerima laporan.

“Kami menerima informasi dari Pak Awen dan langsung mengerahkan Regu 2 yang terdiri dari tim pemadam dari Sukasari, Yasmin, dan Cibuluh. Mereka bergerak pada pukul 17:27 WIB dan tiba di lokasi pada pukul 17:38 WIB,” jelasnya.

Kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting listrik di lantai dua rumah.

“Korsleting terjadi pada kabel yang meleleh dan kemudian menyambar pakaian, menyebabkan api menjalar ke atap bangunan permanen,” lanjut Ade Nugraha.

Beruntung, api tidak membesar dan berhasil segera diatasi oleh tim pemadam yang memulai pemadaman pada pukul 17:40 WIB.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden ini. Namun, kerugian material belum dapat diperkirakan.

“Untungnya, bangunan rumah dua lantai tersebut berhasil diselamatkan secara keseluruhan,” tambah Ade Nugraha.

Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Bogor dikerahkan dalam penanganan kebakaran yang selesai pada pukul 18:00 WIB setelah sekitar 20 menit pemadaman. Cuaca cerah sore itu turut mendukung kelancaran proses pemadaman.

Pihak pemadam kebakaran mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya konsleting listrik, terutama di rumah-rumah dengan instalasi listrik yang sudah lama atau kurang terawat.

** Fredy Kristianto

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles