28.3 C
Bogor
Wednesday, October 16, 2024

Buy now

spot_img

Baliho Bayu-Musa Dirusak, Cabup Nomor 1 Rudy Susmanto Instruksikan Jaga Marwah Demokrasi

Cibinong | Jurnal Bogor
Tim Pemenangan (Timnang) Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Bayu Syahjohan l-Musyafaur Rahman tangkap basah pelaku pengrusakan baliho Pasangan Calon Kepala Daerah Kabupaten Bogor nomor 2 di Kampung Babakan RT 22 RW 5, Desa Cinangneng, Kecamatan Tenjolaya, Sabtu (12/10) dini hari.

Anggota Pospera Kecamatan, Sopyan mengatakan, bahwa ada pihaknya yang melakukan upaya mencederai proses demokrasi.

“Saya sedang melakukan ronda dan pengamanan di lingkungan, karena sebelumnya telah terjadi pembobolan warung. Sekitar pukul 03.00 dini hari, saya mendengar seperti baliho yang disobek dan saya langsung mengejar Pelaku pengrusakan dan langsung mengambil kunci motor dari pelaku.
Pelaku adalah salah satu Caleg dari partai PSI di dapil 4 Kabupaten Bogor Berinisial S,” kata Sopyan

Sopyan menambahkan, bahwa terjadi perdebatan di lokasi kejadian antar pihaknya dengan pelaku pengrusakan balihoa Bayu-Kang Mus.

“Sempat cekcok mulut. Ketika ditanya, pelaku menjawab bahwa baliho tersebut ada di Kantor Desa Cinangneng, Kecamatan Tenjolaya, padahal berada di seberang Kantor Desa Cinangneng bukan di halaman atau tanah milik pemerintahan Desa Cinangneng,” ungkap Sopyan.

Sementara itu, Ketua Pospera Kecamatan Tenjolaya, Andi Kodok menegaskan, pihaknya lakukan koordinasi dan komunikasi internal Paslon nomor 2.

“Kami, lengurus Pospera dan tim pasangan Bayu-Musa tingkat Kabupaten Bogor, rencannya akan melaporkan kejadian tersebut baik kepada Bawaslu Kabupaten Bogor maupun pihak berwajib. Kami meminta aparat penegak hukum, baik Bawaslu, Panwaslu tingkat kecamatan menindaklanjuti laporan pengrusakan baliho Bayu-Musa itu,” tegas Andi.

Menanggapi hal itu, Calon Bupati (Cabup) nomor 1, Rudy Susmanto menegaskan, agar tidak ada upaya-upaya yang dapat mencederai proses demokrasi.

“Mari bersama-sama menjaga proses demokrasi yakni Pilkada ini dengan baik, santun dan saling menghargai. Ini bukan persaingan tapi mengedepankan ide-ide untuk membangun Kabupaten Bogor kedepan berasama-sama,” tegas Rudy.

Rudy mengungkapkan, bahwa para barisan pemenangan Rudy Susmanto dan Ade Ruhandi pastinya dewasa dalam menyambut pesta demokrasi tersebut.

“Malahan dari jauh-jauh hari, komitmen jaga kondusifitas menghadapi Pilkada disuarakan langsung relawan dan tim pemenangan kepada saya, untuk Pilkada berjalan lancar, aman dan damai,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, dirinya instruksikan kepada seluruh pihak untuk tidak lakukan upaya provokasi yang mengakibatkan perpecahan.

“Saya tekankan sekali lagi ini bukan kompetisi tapi soal ide dan gagasan untuk membangun Kabupaten Bogor secara bersama-sama. Makanya, khususnya di Dapil 1, saya perintahkan untuk memasang baliho Rudy-Jaro Ade berdampingan dengan Paslon 2, Bayu-Mus,” paparnya. n Noverando H

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles