25.4 C
Bogor
Tuesday, October 8, 2024

Buy now

spot_img

Inmemorial Almarhum Dr Zulhamsyah Imran

JURNAL Inspirasi – Innalillahi wainna illahi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah, teman dan sahabat kita Dr.Zulhamsyah Imran (54 thn) Senin tgl 30 September 2024 di RS Karya Bakti Pertiwi Darmaga Bogor, sempat dirawat beberapa hari karena sakit diabet dan komplikasi ke organ tubuh yang lain (info dari putera keduanya alm)

Betul Akang Prof Zainal, saya terima khabar berita duka wafatnya Dr Zulhamsyah, agak terlambat membaca beberapa WAG Senin sore,  sehingga saya terlambat datang bertakziah ke rumahnya, rumah duka tempat jenazah di semayamkan di komplek perumahan Dosen IPB Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Dengan membaca berita duka tersebut, sungguh  sedih, saya pun diselimuti perasaan haru, kita telah kehilangan salah seorang sosok figur dan tokoh dari  kader HMI/Kahmi Daerah Bogor yang punya dedikasi, prestasi dan reputasi.

Almarhum Zulhamsyah semasa menjadi mahasiswa FPIK IPB pernah mendapat amanah sebagai Ketua Umum HMI Cabang Bogor thn 1996, dan alhamdulillah dimasa kepemimpinnya cukup menonjol, dinamis, HMI Cabang Bogor tumbuh dan berkembang sesuai zamannya.

Saya tahu, karena sewaktu almarhum Ketua HMI Cabang, saya sedang sibuk-sibuknya membangun Gedung Serbaguna Mahasiswa Islam (GSMI) selaku salah seorang pemrakarsa/pendiri dan Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Pengembangan Insan Cita (YAPIC) Bogor untuk misi penyediaan insprastruktur kesekretariatan, asrama dan fasilitas gedung pengkaderan kepemimpinan buat adik-adik HMI, alhamdulillah berhasil dibangun diatas tanah wakaf lk 2500 meter persegi, disamping komplek SMA BBS Jln Batuwulung, Kota Bogor Barat.

Terakhir dimasa hidupnya almarhum masih menjabat Direktur Seomeo Biotrop, kantornya berlokasi jln.Raya Tajur Kota Bogor, sebuah institusi riset biologi tropika berkelas internasional (ASEAN) yang terkemuka di dunia, disamping beliau sebagai dosen prodi MSP FPIK IPB University.

Disamping itu, beliau adinda Dr.Zulhamsyah juga memangku beberapa jabatan penting antara lain sebagai Komisaris di salah satu perusahaan BLST IPB University, dan Sekretaris Dewan Pengawas HA IPB, dan juga salah seorang anggota Dewan Pembina Yayasan Pengembangan Insan Cita (Yapic)HMI Cabang Bogor, yang kami dirikan pada thn 1994, bersama alumni.HMI senior antara lain almarhum Prof.Syarifuddin Baharsyah, alm Prof.Soleh Solahuddin, alm Prof.Sjafri Mangkuprawira, Ir Darwin Kadarisman MSc, alm Ir H.Abbas TS, Alm Prof.AA Mattjik, alm Prof.Hidayat Syarief dan lain-lain. 

Saya cukup kenal akrab  dan dekat dgn adik saya Dr.Zulhamsyah Imran itu kami menjadi aktivis di lingkungan kepengurusan MD Kahmi dan MPW ICMI Orwilsus Bogor, serta MPP ICMI, aktif dan beliau cukup vokal dan kritis dalam beberapa hal.

Di MPW ICMI Orwilsus Bogor ketika Prof.Arif Satria sebagai Ketua Majelis Pengurus Wilayahnya, armarhum Zulhamsyah pernah menjabat Sekwankar ICMI Bogor, sedangkan saya Ketua Wankarnya. Sekedar dimaklumi, almarhum salah seorang yang ikut berkontribusi dalam mempromote Prof.ASA for ICMI One di forum Muktamar ICMI ke 7 thn 2021 di Bandung Jawa Barat, alhamdulillah sukses.

 Konsekuensinya, saking dekatnya, kami sering bertemu di forum-forum diskusi, acara kondangan dan rapat Ormas Islam Kahmi, ICMI dan HA IPB/HA C IPB, serta rapat-rapat Yayasan Yapic Bogor, yang membangun kompllek wakaf GSMI-Yapic, lokasi pusdiklat kader HMI Cabang Bogor di Batuwulung Kecamatan Bogor Barat. 

Kesan saya selama bergaul dengan adinda Zulham, begitu saya panggil, sedangkan adinda Zulham memanggil saya,… Bang Pendi (Zulham berusia 54 thn, sedangkan saya 65 thn pada thn 2024). Kami sering berkomunikasi, saya berkesan positif terhadapnya yakni orangnya kritis dan rajin-pro aktif beropini, punya gagasan yang unik, terkadang saya agak “kesulitan” memahaminya dan mempraktikannya.

Almarhum adikku Zulham, etnis Aceh tsb, orangnya  teguh berpendirian, dan berkomitmen tinggi dalam mensukseskan pengkaderan adik-adik HMI dan memperhatikan kader-kader muda alumni HMI yang tergabung di Korp Alumni HMI (Kahmi) Bogor.

Jujur saya berkata, dengan kepulangan kerahmatullah adinda Dr Zulhamsyah menghadap kearibaanNya, Allah SWT, saya dan para Sahabat di HA IPB University, MD Kahmi dan Orwilsus ICMI Bogor, serta Yayasan Yapic merasa kehilangan seorang sosok figur yang gemar sharing ide/beropini dan berdiskusi dan silaturrahmi.

Alhamdullillah, menjelang waktu magrib, saya berkesempatan berziarah ke makamnya di TPU Dramaga, sambil memanjatkan doa, semoga Allah SWT menempatan arwahnya di tempat mulia yakni di syurga Jannatunnaim bersama orang-orang sholeh, Aamiin.

Kemudian sepulangnya saya dari lokasi makam, saya menyempatkan diri mampir ke rumahnya, menemui istri dan 3 puteranya almarhum yang tengah berduka. Saya sempat berbincang-bincang dengan putranya, menanyakan riwayat perawatan dan penyakit almarhum ayah mereka Dr.Zulhamsyah Imran, dan sekaligus menanyakan tentang status pekerjaan setelah lulus kuliah dari UI dan IPB University, sedangkan putera bungsu almarhum baru masuk Fema IPB angkatan ke 61 thn 2024 sekarang. Saya menasehati agar mereka rajin mendoakan ayahnya setiap selesai sholat agar di lapangkan kuburannya dan hidup tenang di alam barzah.

Kita mendokan, semoga alm Dr Zulhamsyah dalam keadaan husnul khotimah, karena  almarhum memang, yang saya kenal semasa hidupnya adalah seorang aktifis ormas Islam yang sangat peduli (carefully) dan gigih untuk memajukan lingkungan sosialnya, dan barang tentu saya berkeyakinan almarhum orang baik, sholeh dan aktif di dalam pergerakan, khususnya  pengkaderan Insancita HMI yang tak pernah henti sepanjang hayatnya.

Saya dan kawan-kawan alumni IPB, alumni HMI Cabang Bogor dan ICMI serta Yayasan Yapic, sungguh sedih atas kepergiannya almarhum buat selama-lamanya menghadap Sang Al Khalik, Allah SWT.

Semoga arwahnya ditempatkan di syurga jannatunnaim, Aamiin, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan bertawakkal illallah.
Syukron barakallah.

Wangun Atas Kel.Sindangsari Botim City, 30 September 2024, ditulis memorial ini menjelang tengah malam

Wassalam

====✅✅✅

Dr.Ir.H.Apendi Arsyad,M.Si (Dosen, Konsultan, pegiat dan penganat sosial, serta Sekwanhat MD Kahmi Bogor, dan Pendiri-Ketua Wanhat MPW ICMI Orwilsus Bogor merangkap Wasek Wankar MPP ICMI)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles