30.9 C
Bogor
Saturday, September 28, 2024

Buy now

spot_img

Peringatan Maulid Nabi, BBPMKP Ajak Pegawai Teladani Kepemimpinan Rasulullah

JURNAL Inspirasi – Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) mengajak para pegawai untuk meneladani sifat-sifat kepemimpinan Rasulullah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, utamanya sifat baik seperti Sidik, Amanah, Fathonah, dan Tabligh. Hal tersebut disampaikan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W ke 1446 Hijriyah, Jumat (27/09).

Sifat-sifat Rasulullah yang patut diteladani mencerminkan sifat-sifat baik yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap pegawai sebagai pelayan publik. Sidik atau jujur, artinya setiap perkataan atau lisan harus bisa dipertanggungjawabkan, kaitannya dalam pelayanan publik yaitu berintegritas, amanah, dapat dipercaya, tidak berkhianat pada lembaga, fathonah seorang pelayan publik harus memiliki kecerdasan dalam menyelesaikan permasalahan dalam pelayanan publik, serta tabligh, artinya menyampaikan, mengatakan apa yang seharusnya dikatakan, tidak dikurangi maupun dilebihkan

Sifat-sifat teladan inilah yang diharapkan melekat pada diri pegawai BBPMKP dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Mengundang pendakwah Dedeh Rosidah atau lebih dikenal dengan Mamah Dedeh, giat peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W di BBPMKP mendapat antusiasme tinggi dari pegawai dan masyarakat luas.

Dalam kesempatan tersebut Mamah Dedeh mengajak peserta giat atau jamaah untuk memanfaatkan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W untuk refleksi diri dan bermuamalah.

“Kita, manusia diciptakan untuk bermuamalah, menjaga hubungan baik kita dengan sesama manusia, dengan hewan, dengan semua makhluk ciptaan Allah”, kata Mamah Dedeh di depan ratusan jamaah.

Pelayanan publik merupakan salah satu bentuk muamalah.

Mamah Dedeh pun melanjutkan, bahwa tanda orang yang berbahagia dalam bermuamalah adalah orang yang beriman, yaitu orang yang menyampaikan amanah dan menepati janji.

Hal inilah yang seharusnya dapat menjadi pegangan umat muslim khususnya pegawai BBPMKP dalam menjalankan kewajibannya sebagai pelayan publik.

Senada dengan hal tersebut, Kepala BBPMKP, Sukim Supandi berharap momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W dapat menjadi sarana refleksi diri untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad S.A.W.

“Dari 4 sifat yang dimiliki Rasulullah, kita sebut sebagai integritas. Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W menjadi momentum bagi kita untuk dapat meningkatkan ketaatan kepada Allah dan menambah kecintaan kepada nabi Muhammad”, kata Sukim Supandi

Ia juga berharap seluruh insan BBPMKP dapat meneladani akhlak Nabi Muhamad S.A.W.

Adapun rangkaian giat peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1446 Hijriyah meliputi kajian/tausiyah, santunan anak yatim, bazar UMKM, produk pertanian & olahannya, dan diakhiri dengan sholat Jumat berjamaah bagi laki-laki.

(yev/bbpmkp-rls)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles