32.1 C
Bogor
Friday, October 18, 2024

Buy now

spot_img

Inmemorial Almarhum Dr.Ir.Burhanudin Malik MSi: Dekan Faperta UNIDA

jurnalinspirasi.co.id – Innalillahi wainna illahi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah bpk.Dr.Ir. Burhanudin Malik MSi (BHM), Dekan Fakultas Pertanian Universitas Djuanda (Faperta UNIDA), Ahad 7 Januari 2024 sekitar pkl 17.35  wib di RS Hermina Yasmin Kota Bogor, beliau insya Allah wafat dengan tenang, dan alm BHM sempat dirawat beberapa waktu di RS tersebut.

Semoga Allah SWT menempatkan alm BHM di syurgajannatun naim. Insya Allah, alm BHM husnul khotimah. Saya mengenalnya, orangnya baik hati, gemar berbuat kebajikan dengan berbagi ilmu antarsesama, terutama untuk mahasiswa bimbingannya.

Alm BHM mengusai dengan sangat baik ilmunya, terutama bahasa Inggris baik tulisan maupun lisan, fasih. Beliau andalan Faperta dalam membantu para mahasiswa/i dalam membuat abstrak bahasa Inggris skripsi mahasiswa Faperta selama ini.

Beliau selain memberi kuliah matkul prodi peternakan, juga dosen pengampu matkul dasar Bahasa Inggris. Saya mengetahuinya, ketika saya AA menjadi Dekan Faperta 1998-2002, beliau menjalankan tugas akademik dan kemahasiswaan dengan baik dan bertanggungjawab.

Semoga semuanya itu menjadi ladang amal sholeh bagi alm BHM dan memudahkannya menghadap sang Maha Pemilik dan Maha Pencipta Allah SWT. Alm BHM telah pergi meninggalkan kita begitu cepat rasanya, sementara tenaga dan pemikiran alm BHM masih dibutuhkan Faperta UNIDA. Semoga Allah SWT menempatkan disurgaNya, Allah SWT, Aamiin3 YRA.

Insya Allah sepengetahuan saya, selama berinteraksi sosial selama puluhan tahun, lk 3 dasa warsa, almarhum orang sholeh, rajin beribadah, suka berbagi ilmu dan bersedekah, dosen berdedikasi tinggi. Walaupun beliau sangat sibuk menyelesaikan studi Doktornya di IPB University, tetapi beliau tetap setia meluangkan waktu mengajar, membimbing dan menguji mahasiswa prodi Peternakan (TNK) Faperta Universitas Djuanda (UNIDA) yang pernah saya rintis dan berdiri thn 1988, bersama Prof.Asikin Natasasmita, Rektor UNIDA pertama.

Saya punya kesan positif dan respek terhadap almarhum BHM. Beliau santun dan lembut dalam berbicara, dan sangat menghormati seniornya. Beliau jika bertemu saya, selalu menyapa saya dengan panggilan abang Apendi, dan kami mengobrol tentang berbagai hal, termasuk menyanyakan kondisi anak-anak kami, dan tentang fenomena kehidupan lainnya.

Alm adikku BHM selama memimpin Faperta UNIDA, cukup tenang menghadapi berbagai situasi, dan beliau peduli dengan kesejahteraan pegawai Faperta, termasuk para dosennya. Beliau, kata ibu Siti Masitoh SP MSi, Ketua Program Studi Agribisnis, homebased saya, alm BHM suka mengajak makan bersama di resto atau warung-warung yang enak kulinernya. Walaupun saya agak jarang ikut bergabung bersama mereka, “ngariung” di warung, karena saya bukan pejabat kampus yang sehari-hari datang ke kampus.

Namun demikian, saya juga pernah merasakan kebaikan almarhum BHM selama memimpin Faperta UNIDA, menggantikan Dekan sebelumnya (adikku Dr.Yudi Wahyudin yg mendapat promosi menjadi salah seorang Warek UNIDA) walaupun masa singkat karena dipanggil Allah SWT.

Akan tetapi saya merasakan kebaikan almarhum BHM, di saat menjelang hari Idul Fitri tiba (1443 dan 1444 H) saya selaku dosen menerima bingkisan dan uang lebaran, alhamdulillah. Kebaikan lainnya yang pernah, saya nikmati, para dosen dan para pegawai (Staf TU) diajak berwisata, jalan-jalan (touring) ke daerah destinasi ekowisata pegunungan dan danau di Ciwidey Bandung Selatan Jawa Barat, dengan menyewa bus besar, ada sarana bernyanyi dengan peralatan “karokean” yang lumayan bagus.

Alm BHM, duduk satu deretan bangku bagian depan dekat sopir bus dengan saya, termasuk dengan para mantan Dekan Faperta al bpk Prof.Dede Kardaya, ibu Dr.Ristika, Dr Yudi, saya AA dll. Kami menikmati betul perjalanan wisata waktu itu. Kami pun asyik bernyanyi dan bergoyang (berjoget) riang gembira, akan tetapi alm BHM tetap duduk di kursinya dengan tenang, sambil menikmati lagu-lagu yang kami lantunkan bersama-sama, riang gembira dan hampir semua peserta Tour KB Faperta UNIDA 2023 ikut bernyanyi.

Setibanya di lokasi wisata Ciwidey Bandung Selatan, kami pun menikmati naik jembatan dan kereta gantung yang begitu panjang dan tinggi dibawahnya sungai dan lembah dengan pemandangan indah dan alami, berfhoto bersama serta diajak makan bersama di resto kuliner Sunda yang enak. 

Di lokasi wisata Ciwideylah kami KB Faperta dibawa kepemimpinan alm BHM sebagai Dekan tampak kompak, kian solid dan terasa suasana persaudaraan yang akrab. Demikian itulah kenangan manis (sweet memory) bersama alm BHM diakhir hayatnya, yang tak akan pernah lupakan sebagai KB Faperta UNIDA.

Subhanallah, itu  berkat kepemimpinan Alm BHM yang ingin dekat dan bersahabat bersama para dosen dan pegawai, termasuk dengan para mahasiswanya.  Saya mengamati juga, alm BHM selaku Dekan, sering datang ke ruangan dosen Faperta untuk ngobrol-ngobrol, bertukar pikiran bagaimana memajukan Faperta UNIDA

Demikian itulah catatan harian saya, mengamati pola relasi yang akrab dan hangat bersama alm BHM, orangnya baik dan ramah serta lemah lembut dalam berkomunikasi antar sesama koleganya. Juga memiliki kepedulian untuk membina hubungan persaudaraan Islamy (ukhuwah Islamiyah) yang tidak hanya sekedar doktrin dan retorika belaka dalam kehidupan kampus “bertauhid”. Akan tetapi beliau (alm BHM) amalkan sesuai batas kemampuannya.

Kini, alm BHM sahabat kita yang sholeh telah meninggalkan kita buat selama-lamanya, menghadap sang Khalik Allah SWT. Kita hanya dapat memanjatkan doa semoga alm BHM dalam keadaan husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan tawakkal illallah, Amin3 YRA. Syukron barakallah.
Wassalam

=== ✅✅✅

Penulis: Dr.Ir H.Apendi Arsyad,M.Si
(Pendiri UNIDA sebagai Sekretaris Tim Persiapan Pendirian UNIDA thn 1986-1987, dan Dosen Senior (Assoc Profesor) Universitas Djuanda Bogor sejak thn 1987 sd sekarang, pernah mengabdi menjadi Wadek, Dekan Faperta, Warek 3 dan 1, serta Direktur Program Pasca Sarjana UNIDA, Konsultan K/L Negara, Pegiat dan Pengamat Sosial)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles