27 C
Bogor
Thursday, September 19, 2024

Buy now

spot_img

Kerupuk Kulit Kang Holil, Produksi Kerupuk Kulit Mentah Siap Goreng dan Siap Saji

Bogor | Jurnal Bogor
Kerupuk kerap dijadikan makanan pelengkap menu makan sehari-hari, bahkan bagi sebagian orang ketika menyantap hidangan, rasanya belum lengkap kalau tanpa kerupuk. Selain kerupuk untuk pelengkap menu makanan, ada juga kerupuk yang dijadikan cemilan yang lezat, dan bisa dinikmati kapan saja.

Kerupuk kulit mentah siap goreng

Seperti kerupuk kulit sapi (rambak) yang diproduksi pengusaha olahan kulit sapi di daerah Bogor, Holil. Kerupuk yang terbuat dari kulit sapi di Dramaga ini mengungkapkan dirinya telah memulai usaha sejak 2000 lalu, dengan mendatangkan bahan baku (kulit sapi) dari RPH IPB Bogor. Dia mampu mengolah kulit sapi menjadi kerupuk mentah siap goreng, dan dalam sehari kerupuk mentah yang ia produksi rata-rata mencapai 3 kuintal.

“Hasil produksi kerupuk olahan kulit sapi diijual ke luar daerah namun masih di Jawa Barat dan sekitarnya, Jabotabek,” kata Kang Holil, panggilan akrabnya.

Kerupuk hasil olahan dari  kerupuk kulit sapi yang diproduksi di pondok kulit jalan Mahoni di perumahan Taman Dramaga Permai Blok D9 Darmaga ini dijual mulai dari harga Rp95.000-Rp100.000 per kg, tergantung kulitas kerupuk. Karena kerupuk yang diproduksi terbagi menjadi beberapa pilihan kualitas. “Penjualan kerupuk ke luar daerah biasanya melalui jasa agen-agen makanan yang rutin mengambil stok barang ke lokasi produksi, namun kalau pun berminat membeli langsung, silakan datang ke tempat produksi di pondok kulit,” tutur Kolil kepada Jurnal Bogor.

Rasa kerupuk kulit sapi Kang Holil tentu berbeda dengan jenis kerupuk lainnya, selain karena bahannya khusus dari kulit sapi asli, pengolahan kerupuk kulit pun berbeda. Kerupuk kulit buatannya lebih cocok disandingkan dengan jajanan yang hangat dan pedas, seperti mie ayam, soto atau baso, bahkan jadi camilan.

Dari hasil usaha olahan kerupuk kulit sapi, omzet yang diperoleh Holil dalam 1 tahun bisa mencapai Rp 100 juta, dengan usaha kerasnya yang dibantu istri tercinta Holil memiliki cita-cita untuk terus memperbanyak  produksi kerupuk dan memperluas  jaringan pemasaran kerupuk kulit. Selain itu juga membuat produk berbahan kulit sapi seperti sandal, tas dan dompet.

(wawan hermawanto)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles