28.8 C
Bogor
Sunday, October 6, 2024

Buy now

spot_img

Pascakebakaran, Perekonomian Pasar Leuwiliang Lumpuh

Ratusan Kios Ludes, Kerugian Sekitar 50 Miliar

Leuwiliang l Jurnal Bogor
Pascakebakaran hebat terjadi di Pasar Leuwiliang, Kabupaten Bogor yang menghanguskan ratusan kios milik para pedagang, Rabu (27/9/2023) malam, kini perekonomian di pasar itu lumpuh total

 dan menyisakan duka mendalam dialami ratusan pedagang. Mereka mengaku rugi besar pascakebakaran itu.

Intan Samudra, salah satu pedagang ikan asin dan sembako korban kebakaran mengaku rugi setelah kiosnya hangus terbakar.

“Kami rugi sekitar  1,5 miliar karena barang dagangan abis belanja ludes terbakar ,” ujar  H Intan kepada Jurnal Bogor, Kamis (28/9/2023).

Sejumlah pedagang Pasar Leuwiliang menyampaikan, mereka sangat sedih atas musibah kebakaran yang mengakibatkan kerugikan bagi pedagang.

“Ratusan kios milik pedagang terbakar, semetera kerugian keseluruhan sekitar 50 miliar,” paparnya.

Intan Samudra pedagang  Pasar Leuwiliang Blok AKA meminta pemerintah segera membangun kembali bangunan pasar yang ludes terbakar itu. Paling tidak kata dia, pemerintah mengambil langkah untuk mencarikan tempat sementara, agar para pedagang masih bisa berjualan.

“Pemerintah Kabupaten Bogor segera merelokasi sementara agar para pedagang bisa usaha untuk menapkahi keluarganya,” pintanya.

“Agar para pedagang masih bisa mencari rejeki, sebab pascakebakaran ini perekonomian di Pasar Leuwiliang lumpuh total. Pemerintah mesti segera melakukan penanganan bagi para pedagang,” pinta dia lagi

Atas kejadian ini, kata Intan jangan sampai ada oknum  tidak bertanggung jawab yang hanya memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Sebelumnya diberitakan, belasan unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk memadamkan api yang cukup besar tersebut hingga Kamis (28/9/2023) pagi.

Petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan untuk memadamkan api. Diakui Kasi Penyelamatan dan Pertolongan Darurat Damkar Kabupaten Bogor Asan, kejadian kurang lebih jam 19.00 dan pihaknya sedikit kewalahan karena angin besar sehingga apai cepat merambat ke arah blok lain.

“Kita padamkan sejak pada pukul 20.00 wib sampai pukul 8.00 wib pagi ini kita masih menangani,” katanya.

“Kita kesulitan karena warga banyak yang hilir mudik terlebih ini di pasar, dari semalam kita sudah kesulitan, makanya para petugas sedikit terganggu,” tambahnya.

Dia menjelaskan, awal api muncul di blok belakang (blok sayuran), dan perkiraan masih dalam proses penyebab kebakarannya.

“Kami kerahkan sektor Cibinong 2 unit Leuwiliang 3, Ciomas 2, dan Kota Bogor 4 unit,” ungkapnya.

Bahkan blok belakang kurang lebih ada 100 kios sudah ludes terbakar karena api muncul awal di bagian belakang.

“Api sulit dipadamkan karena bahan mudah terbakar dan kami sulit memadamkan akibat sulit air, tapi saat ini kami mendapat air dari PDAM dan penanganan masih berlangsung,”

Sebanyak 4 blok pasar Leuwiliang ludes terbakar, bahkan petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan untuk mencari air. Api merambat ke blok depan bagian pakaian.

“Api mulai merambat ke area lain dari depan ke belakang sudah ludes, dan penyebabnya masih diselidiki. Untuk jumlah kios sementara terbakar kurang lebih 500 kios,” jelasnya.

** Arip Ekon | Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles