32.1 C
Bogor
Friday, October 18, 2024

Buy now

spot_img

Melon Minions jadi Andalan Buah Unggulan Desa Cikarawang

Dramaga | Jurnal Bogor

Keunikan buah melon Minions yang diproduksi oleh PT Fitotech Agri selain  bentuknya yang kecil bergaris, daging buah yang kranci, dan mengeluarkan khas aromatik jadi buah produk unggulan Desa Cikarawang, Dramaga, Kabupaten Bogor.

Staf Produksi Buah Melon, Aditya Djulianto menjelaskan priode masa tanam buah melon Minions dari proses penyerbukan buah sampai panen kurang lebih sekitar 65 hari. Yang membedakan buah Minions asal Desa Cikarawang dengan buah melon biasa terlihat dari bentuknya yang kecil  dan buah melon Minions memiliki tingkat  kemanisan rasa yang tinggi.

“Melon Minions masuk kualitas melon premium. Untuk tingkat kemanisan buah melon premium yakni dari 14 sampai 17 brix, sedang melon Minions tingkat kemanisannya sampai dengan 17,2 brik,” kata Oria yang biasa disapa Tio saat ditemui wartawan, Rabu (2/8/2023).

Tio menambah, menanam buah melon Minions diatas lahan satu hektare ditanam dengan dua cara. Yakni cara hidroponik dan konvensional. Tentunya  sedikit mengalami kerumitan di media tanamnya dan perlu beberapa perlakuan, cuaca dan hama penyakit.

“Buah melon Minions dijual ke outlet-outlet buah. Ada juga pembeli yang datang langsung . Buah melon Minions dijual per kilogram dengan harga Rp 25 ribu,” katanya.

Tidak hanya menjual buah, sambung Tio, di tempatnya juga menjual menjual bibit buah. PT Fitotech Agri perusahaan yang bergerak produk buah, sedangkan untuk benih bekerja sama dengan PT Benih Sumber Andalan. Menurutnya, panen melon bisa tiga kali dalam setahun.

“Buah melon Minions yang diproduksi oleh PT Benih Sumber Andalan selain memiliki rasa manis yang tinggi, memili aromatik dan tekstur dagingnya yang kranci,” katanya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles