31.4 C
Bogor
Sunday, October 6, 2024

Buy now

spot_img

Pesona Sagatan Jonggol Gelar Pasar Pasisian Leuweung 

Jonggol | Jurnal Bogor 

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat melalui Kelompok Tani Hutan (KTH) Sukamekar Desa Sukasirna, Jonggol, Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Pasar Pasisian Leuweung di Kp.Bojongkorot atau yang dikenal dengan sebutan Pesona Sagatan Jonggol.

Ketua KTH Bina Tani Sukamekar Enjang menjelaskan, adanya Pasar Pasisian Leuweung merupakan konsep dasar untuk memasarkan produk-produk hasil pertanian  dari UMKM yang ada di Kecamatan  Jonggol, khususnya Desa Sukasirna. Kegiatan ini pun digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendukung petani milenial.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini dikunjungi hampir 1000 lebih pengunjung dari berbagai daerah,” ujar Enjang kepada Jurnal Bogor, Senin (21/11).

Menurutnya, event ini sebagai wadah bagi para petani yang tergabung dalam kelompok tani hutan dan petani milenial untuk mengembangkan penjualan produk hasil hutan, disamping itu juga dapat memangkas rantai distribusi produk petani hingga ke tangan konsumen sehingga harga yang ditawarkan lebih murah. 

“Event ini dapat menciptakan simbiosis mutualisme antara petani dan juga konsumen,” tambahnya.

Sementara Koordinator BPP Jonggol Wilayah XI  Jajang menjelaskan, dengan adanya event ini sekaligus sebagai sarana dalam mengedukasi masyarakat agar mereka bisa memproduksi hasil hutan dengan memanfaatkan area hutan sebaik-baiknya.

Dia berharap dengan adanya Pasar Pasisian Leuweung, petani bisa langsung menjual produknya ke masyarakat sehingga keuntungannya langsung terakses ke para petani.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi event yang berkelanjutan serta bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh para petani dan pengunjung,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Camat Jonggol Andri Rahman yang mewakili Plt Bupati Bogor, Kapolsek Jonggol, Danramil Jonggol, para petani milenial, Kelompok Tani Hutan, serta Komunitas Lindungi Hutan.

** Ramses / Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles