27 C
Bogor
Tuesday, September 24, 2024

Buy now

spot_img

LMS Kementan Siap Integrasi dengan ASN Unggul LAN RI

Jakarta | Jurnal Bogor

Kementerian Pertanian melalui Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP menyambut baik inisiasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI untuk mengintegrasikan Learning Management System (LMS) yang dimilikinya dengan ASN Unggul milik LAN RI

“Puslatan menyambut baik kegiatan integrasi LMS yang di inisiasi oleh LAN, kami akan menyiapkan pelatihan tiap-tiap UPT Pelatihan untuk andil dalam ASN Unggul Multi Tenancy”, ujar Leli Nuryati, Kepala Puslatan

Disampaikan oleh Leli, nantinya setiap pelatihan UPT yang menggunakan LMSnya bisa dikoordinasikan dengan pengelola LMS puslatan, salah satunya kegiatan Bertani on Cloud (BoC).

“Syaratnya materi disesuaikan dengan program nasional Kementerian pertanian (misalkan, ketahanan pangan, perubahan iklim, pengendalian PMK, dan lain-lain)”, sambung Leli

Adapun manfaat yang diperoleh dari integrasi LMS Puslatan dengan ASN Unggul LAN RI yaitu setiap peserta yang sudah mendaftar di ASN Unggul bisa mengikuti setiap materi pembelajaran yang di munculkan di setiap tentant (LMS Kementerian/ Lembaga lain) yang sudah terintegrasi dengan ASN Unggul.

Integrasi ASN Unggul dengan beberapa link portal LMS Kementerian/Lembaga akan menjadi ASN Unggul Multi Tenancy, dimana link-link tersebut saling terintegrasi melalui SSO yang memiliki dua pengertian, yakni Single Sign On, para pengguna dapat mengakses semua aplikasi yang telah diatur oleh sistem dengan sekali login, ataupun Single Sign Out, yang berarti logout dari satu aplikasi, maka semua aplikasi yang telah diatur di sistem akan logout pula secara otomatis.

Salah satu syarat LMS yang mudah untuk diintegrasikan dengan ASN Unggul adalah LMS berbasis open sources moodle, LMS milik Puslatan Kementan termasuk di dalamnya.

Penggunaan LMS dapat mendorong efektivitas, efisiensi dan kualitas penyelenggaraan pelatihan, yang tentunya akan berdampak pada peningkatan kualitas SDM. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang mengatakan peningkatan kualitas SDM pertanian menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian.

“Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” ujar Mentan Syahrul.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menekankan pembangunan pertanian harus diawali dengan pembanguan kualitas SDM.

** Yudi/Nita PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles