25.6 C
Bogor
Thursday, October 10, 2024

Buy now

spot_img

Rizky Tinjau Pemasangan Bronjong di Jalan Alternatif Cikopo Selatan

Megamendung | Jurnal Bogor

Mengantisipasi terjadinya longsor susulan di Ruas Jalan Gadog-Cikopo Selatan-Cisarua, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah II, langsung melakukan perbaikan.

Kepala UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah II, Rizky Akbar mengatakan, perbaikan longsor tanah di Sta 6+700 persisnya di Jalan Gadog-Cikopo Selatan-Cisarua dengan menggunakan bronjong ini, sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kembali longsor.

“Kalau tidak segera kita tangani, kuatir lokasi longsor di ruas jalan ini semakin meluas,” ungkapnya kepada wartawan saat meninjau lokasi pembangunan tembok penahan tanah jalan menggunakan bronjong, Senin (13/6).

Menurutnya, untuk memasang tembok penahan tanah jalan yang berlokasi di Kampung Cihanjawar, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung ini, bronjong dipasang dengan cara di turap. Sehingga, dapat menahan tanah jalan agar tidak lagi terjadi longsor.

“Sebelum bronjong dipasang, terlebih dulu kami buat pondasi agar bronjong kuat dan tahan lama,” jelas Rizky Akbar.

Kepala UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan yang biasa dipanggil Bombom itu pun menegaskan, pemasangan bronjong ini menggunakan anggaran pemeliharaan, bukan dikerjakan pihak ketiga atau melalui lelang.

“Karena longsor jalan ini tidak masuk kedalam proyek pembangunan tahun 2022. Jadi anggarannya kami masuk kan kedalam dana pemeliharaan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Bombom, ruas jalan yang diperbaiki merupakan jalur alternatif para pengendara saat akan menunju ke kawasan wilayah Puncak, Cisarua maupun ke Cianjur dan Bandung.

“Saat jalan utama macet, jalan ini selalu ramai dilintasi pengendara, baik roda empat maupun dua,” paparnya.

Bombom menghimbau agar para pengendara yang melintas di Ruas Jalan Gadog-Cikopo Selatan-Cisarua untuk lebih berhati-hati, terutama disaat cuaca hujan.

“Jalur alternatif ini rawan longsor. Untuk para pengendara yang melintas agar berhati-hati dan selalu waspada saat melintas,” imbuhnya.

Sementara, Iwan Ciwok, salah seorang pengguna jalan yang mengendarai sepeda motor mengapresiasi tindakan cepat yang dilakukan pihak UPT. Dimana, perbaikan yang dilakukan pegawai kepanjangan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) ini, membuat para pengendara merasa aman dan nyaman saat melintas.

“Tidak hanya mengantisipasi meluasnya longsor susulan, perbaikan ini juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan para pengendara,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles