33.7 C
Bogor
Saturday, October 19, 2024

Buy now

spot_img

TPM P3-TGAI Terus Lakukan Pengawasan ke Lokasi Proyek

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Balai Besar atau Balai Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Taufik Hadi Gunawan, terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang ada di wilayah selatan Kabupaten Bogor.

Taufik Hadi Gunawan

Taufik Hadi Gunawan, salah satu TPM yang bertugas di wilayah selatan Kabupaten Bogor mengatakan, untuk proyek P3-TGAI tahun anggaran 2021 sudah mulai dilaksanakan di tiap wilayah yang membutuhkan pasokan air, baik untuk area persawahan, perkebunan maupun perikanan.

Sesuai dengan program pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), kata Gunawan, P3-TGAI merupakan program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani.

 “Untuk pelaksanaannya sendiri dilaksanakan oleh perkumpulan petani pemakai air, gabungan perkumpulan petani pemakai air atau induk perkumpulan petani pemakai air,” ujarnya kepada wartawan saat di lokasi proyek P3-TGAI DI Cilimus, di Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Kamis (23/4).

Gunawan panggilan akrab petugas TPM dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane mengungkapkan, di wilayah selatan yang sudah mulai dilaksanakan pengerjaan P3-TGAI sebanyak 19 titik. “Semua titik tersebar di Kecamatan Cijeruk, Cigombong, Caringin, Ciawi dan Megamendung,” ungkapnya.

Semua pelaksana program P3-TGAI yang ada di masing-masing wilayah, lanjutnya, terlebih dulu membentuk suatu wadah yang dinamakan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). “Jadi semua unsur terlibat dalam pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut. Terutama para petani dan warga setempat,” jelas Gunawan.

Gunawan menyatakan, saat melakukan peninjauan ke setiap lokasi kegiatan P3-TGAI, para pekerja sering diingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes). Karena, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Ia berharap, melalui program ini, dapat membantu pasokan air area sawah, kebun atau perikanan masyarakat. Sehingga, tidak lagi kekurangan ketersediaan air dan bisa meningkatkan penghasilan mereka.

 “Kalau air untuk ke area sawah lancar, hasil panen pun kemungkinan meningkat. Dan tidak ada lagi keluhan dari para petani karena gagal panen,” imbuh Gunawan.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Putera Pangrango Ciherang, sebagai pelaksana kegiatan P3TGAI DI Cilimus, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Entis Sutisna menjelaskan, proyek yang dilaksanakan pihaknya merupakan program dari Balai Besar atau Balai Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane melalui (Ditjen) Sumber Daya Air.

 “Inikan program PKT, jadi untuk pekerjanya juga warga setempat dan melibatkan para petani. Target saya pengerjaan selesai secepatnya agar bisa langsung dinikmati warga,” tegasnya..

Tujuan dari proyek P3TGAI, lanjut Entis, agar warga terutama petani yang memiliki lahan sawah di dua desa, tidak kesulitan mendapatkan pasokan air.  “Makanya saya bangun irigasi ini, karena manfaatnya sangat dirasakan para petani. Bukan hanya petani di Desa Cileungsi saja, tapi juga petani Desa Ciderum,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles