32.7 C
Bogor
Tuesday, April 30, 2024

Buy now

spot_img

Ratusan Warga Cihud Terima Sertifikat PTSL

Ciampea | Jurnal Inspirasi

Sebanyak 300 orang warga Desa Cihideung Udik (Cihud) Kecamatan Ciampea semringah. Musababnya status tanahnya sudah bersertifikat lewat program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) tahun 2020.

Penyerahan 300 sertifikat tanah oleh Pemerintah Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea didampingi petugas BPN Kabupaten Bogor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang diserahkan di Gedung Kawaluyuan, Kamis (4/2/2021).

Kepala Desa Cihideung Udik, H Denny mengatakan, di tahun 2020 Pemerintah Desa Cihideung Udik, mengusulkan tanah warga yang disertifikat lewat program PTSL sebanyak 1.221 Bidang.

Saat ini, baru 300 bidang tanah yang sudah jadi sertifikatnnya. “Hari ini ada 300 sertifikat lahan yang diberikan ke warga lewat program PTSL. Sisanya tanah warga yang masih dalam proses pengajuan sertifikat bisa cepat selesai disertifikat, ” ujar Denny kepada wartawan.

Denny berharap dengan adanya program PTSL, msyarakat bisa memiliki kekuatan hukum tetap dan tertib administrasi. Dirinya juga kerap mendapatkan aduan dari masyarakat tentang batas tanah dan persoalan sengketa tanah. Dengan adanya program PTSL, tentunya bisa meminimalisir terjadi konflik persoalan tanah dan tertib pertanahan.

“Yang mendapatkan sertifikat gratis lewat program PTSL yakni wilayah pemukiman. Jangan sampai sertifikat yang sudah jadi lalu terkumpul di bank, ” tegasnya.

Sementara itu, Warga Desa Cihideung Udik, Wina Agustina mengaku program PTSL sangat membantu warga. Lahan seluas 60 meter tadinya masih AJB, sekarang sudah bersertifikat. “Tanah yang disertifikat seluas 60 meter merupakan milik orang tua. Kita bakal simpan baik-baik dan tidak akan dijaminkan ke bank, “pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles