Bogor I Jurnal Bogor
Ayam kampung tentu sudah bukan nama yang asing bila teman-teman suka kuliner. Ayam jenis ini dikenal juga sebagai ayam tradisional yang sering digunakan sebagai bahan masakan makanan tradisional.
Selain itu, jenis ayam ini juga terkenal sebagai bahan makanan yang lebih sehat daripada jenis ayam potong biasa, fakta bahwa kualitas dan tekstur daging yang lebih baik dan lebih lezat.

Daging ayam kampung cenderung lebih lezat dengan dan memiliki tekstur yang lebih padat. Hal ini disebabkan oleh pola makan alami yang diperoleh ayam kampung HayTung yang mencakup makanan seperti sayuran: wortel, kangkung dan bayam, juga dilengkapi dengan asupan minuman herbal: jahe, kunyit, serai, dan gula aren.
Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi per kapita daging ayam di Indonesia meningkat 30,9%, sebanyak 5,7 kg/ th di tahun 2019 meningkat menjadi 7,4 kg/ th di tahun 2023. Pada tahun 2024, produksi daging ayam ras di Indonesia diperkirakan mencapai 3,84 juta ton, surplus dari kebutuhan nasional yang sebesar 3,72 juta ton.
Namun, hanya <6% kontribusi ayam asli Indonesia (ayam kampung) dalam konsumsi masyarakat. Sementara Tiongkok dan Thailand mendorong produksi dan konsumsi ayam kampung (asli/lokal) hingga 60% dari produksi nasional.

Daging ayam kampung dikenal dengan dagingnya yang lebih lezat dan kaya akan nutrisi. Oleh karenanya kami berkomitmen untuk memenuhi permintaan ini dengan menyediakan daging ayam kampung unggul-sehat yang dihasilkan dari ayam yang dibesarkan secara alami tanpa bahan kimia tambahan.
Bogor kami pilih sebagai lokasi peternakan dengan keuntungan strategis: salah satu sentra pertanian di Jawa Barat dan akses yang baik ke pasar lokal dan regional (distribusi online dan lokasi fisik) untuk menjangkau pelanggan lebih luas dan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi kami.
Karena permintaan akan produk ayam olahan, seperti daging ayam kampung unggul-sehat beku, semakin meningkat, kami melihat peluang untuk mengembangkan lini produk ini.
Daging ayam kampung yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat dan berkualitas tinggi. Inspirasi untuk memulai bisnis ini datang dari meningkatnya permintaan akan produk makanan sehat dan alami di kalangan konsumen.
Dengan berbekal pengetahuan dan keyakinan tentang peternakan unggas, kami memutuskan untuk mendirikan usaha ini di Kab. Bogor, Jawa Barat, sebuah lokasi yang strategis dengan akses yang baik ke pasar lokal dan regional Jabodetabek.

Kami percaya bahwa dengan mengedepankan metode produksi yang alami dan berkelanjutan, kami dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin peduli terhadap kesehatan dan lingkungan ini akan membantu dalam pengembangan rasa yang khas dan kualitas daging yang lebih baik, ungkap Ruly selaku Manajer Marketing dan Promosi Produk ayam Kampung Haytung pada saat di temui dikantornya Di Bukit Cimanggu city Blok AA 12 A No. 16 Jumat (19/9/2025).
Haytung meluncurkan produk daging ayam kampung unggul-sehat segar dan beku dengan fokus pada pemasaran melalui saluran distribusi online dan lokasi fisik dan berkomitmen membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan memberikan layanan pelanggan yang responsif dan berkualitas dalam waktu satu tahun ini. HayTung juga mendorong tercapainya tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi dengan mengumpulkan umpan balik dan melakukan perbaikan berkelanjutan. Tujuan utama HayTung dalam waktu dekat ini adalah meningkatkan kesadaran merek kami melalui kampanye pemasaran digital dan offline, menjangkau minimal 1.000 pelanggan hingga akhir tahun ini, Ungkap Rully (Wawan Hermawanto)