Home News Agro Edu Wisata Terpadu Kelompok Bina Tani Jadi Destinasi Outing Class Siswa...

Agro Edu Wisata Terpadu Kelompok Bina Tani Jadi Destinasi Outing Class Siswa Sekolah di Banten

Jurnal Inspirasi – Agro Edu Wisata Terpadu Kelompok Bina Tani di Kampung Kadu Kombong Desa Menes Kecamatan Menes, Pandeglang Banten menjadi destinasi pilihan untuk Outing Class siswa siswi sekolah yang ada di Banten.

Kali ini untuk kedua kalinya Agro Edu Wisata yang dikelola Kelompok Tani Bina Tani ini menerima kunjungan kegiatan outing class siswa siswi dari SDIT Birrul Walidain Desa Cililitan Kecamatan Picung Kabupaten Pandeglang, Jum’at (25/10/2024).

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 50 siswa yang didampingi 10 guru diperkenalkan pada berbagai macam tanaman dan tata cara menanam serta memelihara tanaman.

” Kunjungan kali ini anak – anak belajar dan mengenal lebih dekat berbagai jenis tanaman, seperti melon hidroponik, melon irigasi tetes dan cabai. Tempat hidup dan cara merawat tanaman – tanaman tersebut, ” ujar Mohamad Tofari, pengelola Agro Edu Wisata Terpadu Kelompok Bina Tani.

Agro Eduwisata Terpadu Kelompok Bina Tani dibuka sejak tahun 2023. Dalam perkembangannya, kawasan ini kini memiliki tiga green house terdiri dari dua green house melon hidroponik dan satu green house melon irigasi tetes. Selain itu terdapat juga tanaman cabai yang ditanam menggunakan sistem irigasi tetes.

Bagi sekolah atau umum yang akan menjadikan Agro Eduwisata terpadu ini sebagai target kunjungan, Tofari menuturkan pihaknya dengan terbuka siap menerima baik dari sekitar Banten juga luar wilayah.

Acara kunjungan siswa siswi Birrul Walidain sendiri dibagi dalam beberapa kelompok dan selanjutnya dilakukan tour keliling di area Agro eduwisata terpadu dengan didampingi pemandu dari pengelola dan narasumber penyuluh pertanian BPP Menes Rifki dan Putri.

Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Menes Gatot Ginajar berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan bagi para siswa.

” Kami senang dan menyambut baik kegiatan siswa seperti ini, semoga kehgiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anak – anak terutama terkait pertanian,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDIT Birrul Walidain, Eli Suhaeli mengatakan pembelajaran dalam program outing class merupakan salah satu program yang bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. Selain itu outing class merupakan metode belajar yang menyenangkan dengan mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar.

” Outing class ini menjadi media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung, ” terang Eli.

Iapun menyebut manfaat pembelajaran outing class ini akan menambah pengetahuan dan kecintaan peserta didik terhadap alam sekitar, mengurangi kejenuhan dalam belajar sehingga mudah menerima informasi, menambah kepedulian pada alam sekitar, meningkatkan kemampuan dalam bercerita, merangsang kreativitas dan menambah pengetahuan guru dalam merencanakan strategi pembelajaran serta meningkatkan motivasi belajar.

” Harapan kedepannya agar para siswa mampu menjadi pribadi yang mandiiri dan kreatif serta terwujudnya regenerasi petani muda yang dapat menjaga pelestarian lingkungan, ” paparnya.

(Ahmad Suryadi PPL Kec. Menes/Regi – BBPMKP)

Exit mobile version