Home News Tingkatkan Pendidikan Karakter, Disdik Kabupaten Bogor Gelar Training Camp

Tingkatkan Pendidikan Karakter, Disdik Kabupaten Bogor Gelar Training Camp

Cisarua | Jurnal Bogor – Dalam rangka pembentukan pendidikan karakter warga belajar paket B dan C satuan pendidikan kesetaraan dengan mengembangkan potensi kepemimpinan serta meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam bidang non akademik. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menggelar Training Camp bertajuk “Pembentukan Pendidikan Karakter”.

Kegiatan berlangsung di Hotel Inkopabri, Jalan Hamkam , Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Bambang Tawakal, Kepala Seksi PDPK Paud & Dikmas dan segenap bidang kesiswaan dinas perindidikan Kabupaten Bogor, Kamis (17/10).

Kepala Seksi Bidang PDPK & Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Jaja Sujai, MA menjelaskan, kegiatan training camp ini di bagi dua gelombang, yakni angkatan pertama dari tanggal 15-18 Oktober 2024 siswa paket B, berjumlah 112 orang dan angkatan kedua dari tanggal 22-25 Oktober siswa paket C berjumlah 112 orang.

Selama ini kata dia, pembelajaran mereka di kelas, kita coba meningkatkan pendidikan karakter itu di luar kelas. Kalau di sekolah formal sudah sering sekali kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan karakter itu di formal.

“Nah, kalau di PKBM non formal mereka jarang kegiatan di luar kelas. Kegiatan di luar kelas ini bertujuan untuk pengembangan karakter warga belajar PKBM,” kata Jaja Sujai kepada Jurnal Bogor, Kamis (17/10).

Salah satu meningkatkan mutu pendidikan PKBM salah satunya kegiatan ini training camp dengan melakukan pembinaan karakter, pengelolaan PKBM itu sendiri.

“Kita sering bimtek ke ketua-ketua PKBM di Kabupaten Bogor, dan seksi kurikukum sering memanggil ketua PKBM melakukan bimtek,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jaja mengatakan, PKBM berbeda kondisinya, ada warga belajar tidak bisa melanjutkan ke sekolah formal, bukan berati masuk ke PKBM itu tidak banyak melakukan, namun banyak hal misalnya pembelajaran Sabtu-Minggu, jadi anak-anak bisa melakukan pengembangan diri, usaha dan sebagainya.

“Banyak lulusan dari PKBM dengan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, seperti ke UNPAD, UI, bahkan ada lulusan dari PKBM Bakti Nusa melanjutkan ke Timur Tengah. Itukan luar biasa. Jadi tidak usah ragu masuk ke PKBM,” ungkapnya. Yudi

Exit mobile version