Home News Zenal Abidin Dorong Penambahan Sekolah dan Puskesmas Rawat Inap

Zenal Abidin Dorong Penambahan Sekolah dan Puskesmas Rawat Inap

jurnalinapirasi.co.id – Komposisi pimpinan DPRD Kota Bogor akhirnya lengkap, pasca dilantiknya H Zenal Abidin sebagai Wakil Ketua II DPRD dan Dadang Iskandar Danubrata menjadi Wakil Ketua III DPRD pada Selasa (8/10/2024).

Pasca pelantikan, H Zenal mengatakan bahwa pihaknya akan fokus untuk mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor fokus membangun sekolah baru, khususnya SMP Negeri. Hal itu lantaran jumlah sekolah menengah pertama di ‘Kota Hujan’ masih minim, sehingga kerap memicu polemik dalam PPDB.

“Sudah waktunya Kota Bogor fokus membangun sekolah baru di tiap kecamatan. Sebab, biar bagaimanapun pembangunan infrastruktur manusia lebih penting ketimbang estetika kota,” ujar H Zenal kepada wartawan, Selasa (8/10).

Menurut dia, jumlah SMP Negeri di Kota Bogor masih jauh dari kata ideal, seiring dengan terus bertambahnya jumlah penduduk.

“Kota Bogor sudah jadi kota metropolitan, sudah saatnya fokus pada pembangunan SDM,” ucap politisi Gerindra itu.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan mendorong Pemkot Bogor untuk meningkatkan layanan kesehatan. Salah satunya dengan memperbanyak jumlah puskesmas rawat inap, bukan hanya untuk ibu melahirkan, namun juga bagi penderita penyakit ringan.

“Kapasitas RSUD Kota Bogor kerap overload. Ini harus dipikirkan, saya pikir penambahan puskesmas rawat inap adalah salah satu solusi untuk memeratakan layanan kesehatan. Sambil kita pikirkan cara menambah jumlah tenaga medis,” katanya.

Terkait kebutuhan anggaran, sambung dia, DPRD dan Pemkot Bogor bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jabar dan pusat atau menggunakan intervensi CSR.

“Segala inovasi dan terobosan harus dibuat dan dicoba untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

** Fredy Kristianto

Exit mobile version