Home News Ni Made Dwiguna Pradyaniswari Dari Bali Resmi Dinobatkan Sebagai Putri Pariwisata Indonesia...

Ni Made Dwiguna Pradyaniswari Dari Bali Resmi Dinobatkan Sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2024

Tamansari | Jurnal Bogor – Setelah melewati masa karantina, akhirnya 30 finalis Putri Pariwisata Indonesia 2024 menjalani sesi penentuan pada Malam Penobatan yang dilangsungkan di Ballroom The Highland Park Resort & Hotel Bogor, pada Senin malam (30/09).

Sebanyak 30 finalis yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia mempersiapkan diri untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka di hadapan dewan juri yang berpengalaman.

Ada lima dewan juri yang menilai penampilan finalis, yakni Drs. Vinsensius Jemadu, MBA (Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf RI) sebagai ketua, kemudian untuk anggota dewan juri ada nama Thamrin B. Bachri (Tenaga Ahli Gubernur Jambi Bidang Pariwisata); Dr. Ekles – Owner Ekle’s Clinic; Sir Alexander Mamby Aruan (Communication Specialist, LSPR Jakarta) dan Dessy Arnas (Professional Trainer & Coach)

Sementara itu, yang bertindak Juri Kehormatan adalah Martinus Johnnie Sugiarto (Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia); Owner The Highland Park Resort & Hotel Bogor Daud Ibrahim dna CEO The Highland Park Resort & Hotel Bogor Jimmy Tjoa.

.Dalam proses penjurian, dewan juri mengerucutkan jumlah finalis dari 30 menjadi 10 besar. Para finalis yang masuk dalam 10 besar kemudian diberikan tantangan untuk menyampaikan pidato singkat mengenai pariwisata selama 30 detik. Penilaian ini sangat penting karena akan menentukan siapa yang akan melaju ke tahap selanjutnya.

Setelah pidato, dewan juri kembali melakukan penilaian dan memilih lima finalis terbaik. Para finalis ini kemudian harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri dalam waktu 60 detik. Proses penjurian yang ketat ini tidak hanya berlangsung pada malam penobatan, tetapi juga sudah dimulai sejak masa karantina, di mana para finalis menjalani berbagai pelatihan dan bimbingan.

Akhirnya, setelah melewati serangkaian penilaian yang ketat, Ni Made Dwiguna Pradyaniswari dari Bali terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2024. Kemenangan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi dirinya, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Bali.

Ni Made menyampaikan rasa terima kasihnya kepada dewan juri, panitia, dan semua pihak yang telah mendukungnya selama proses ini. Ia berkomitmen untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dan menjaga warisan budaya yang ada.

“Perasaannya awalnya jujur kaget banget, tapi jadi senang banget sekarang udah terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2024,” kata Ni Made disapa Una kepada awak media, Senin (30/09).

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf RI Drs. Vinsensius Jemadu, MBA menyampaikan harapannya kepada pemenang dalam mempromosikan pariwisata Indonesia. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam menerapkan pilar-pilar keberlanjutan dalam pengembangan industri pariwisata.

“Pemenang Putri Pariwisata Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi wajah pariwisata kita, tetapi juga menjadi duta yang mampu menjelaskan dan mempromosikan upaya kita dalam mencapai keberlanjutan. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa pariwisata tidak hanya bermanfaat bagi saat ini, tetapi juga untuk generasi yang akan datang,” ujar Vinsensius.

Vinsensius memberikan apresiasi kepada Yayasan EL JOHN Indonesia yang konsisten menyelenggarakan pemilihan Putri Pariwisata Indonesia dari tahun ke tahun. Menurutnya, konsistensi dan komitmen dari penyelenggara, terutama di bawah pimpinan bapak Martinus Johnnie Sugiarto, menjadi faktor kunci dalam kesuksesan acara ini.

“Kami mengapresiasi usaha yang dilakukan Yayasan El John Indonesia. Banyak yang dapat mengadakan event, tetapi tidak semua mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya dari tahun ke tahun,” ungkap Vinsensius.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia, Martinus Johnnie Sugiarto, mengatakan bahwa semua finalis, baik yang terpilih sebagai pemenang maupun yang tidak, telah menjadi pemenang dalam arti sebenarnya.

Ia mengajak semua finalis, untuk memiliki semangat baru untuk ikut berkontribusi lebih massif lagi dalam mempromosikan pariwisata di daerah maupun pariwisata Indonesia.

“Pesan saya untuk para putri, baik yang terpilih maupun yang tidak, adalah bahwa semuanya sudah menang. Kalian semua kini adalah duta untuk daerah dan provinsi masing-masing,” ujar Johnnie.

Seperti diketahui, pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2024 merupakan kontes ke-17 kali yang diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia dan EL JOHN Pageant. Tahun ini, tema yang diusung selaras dengan tema Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day (WTD) yakni “Tourism and Peace”

Tema ini dipilih sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pariwisata dalam membangun hubungan antarbangsa dan menciptakan kedamaian. Yudi

Exit mobile version