Home News Kepala Badan PPSDMP Launching Assessment Center

Kepala Badan PPSDMP Launching Assessment Center

JURNAL Inspirasi – Assessment Center resmi dilaunching Kementerian Pertanian (Kementan) oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) meresmikan di Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Ciawi, Kabupaten Bogor, Jumat (13/9/2024).

“BBPMKP dengan Assessment Center ini sudah terakreditasi A sehingga bisa digunakan untuk assessment untuk level bawah, sedang hingga jabatan tinggi pratama,” kata Kepala Badan PPSDMP Kementan Dr. Idha Widi Arsanti.

Dia berharap Assessment Center ini terkoordinasi ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan sama-sama bisa mengikutsertakan aparaturnya sehingga bisa menjadi talent pool yang semakin berkembang dan meningkat kualitas dan kuantitasnya.

Meskipun Assessment Center ini termasuk satu-satunya yang ada di Kementan, namun Assessment Center ini bisa juga untuk assesment diluar Kementan, termasuk dinas-dinas di Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Biasanya untuk assessment disini diajukan dari instansi untuk keperluan seleksi terbuka eselon 1 dan 2 ya open bidding atau lelang jabatan kepala dinas atau direktur BUMD. Jadi disini tidak hanya Kementan tapi dari luar juga bisa dan tidak hanya ASN diluar ASN juga bisa, swasta juga bisa,” kata salah satu assessor Assessment Center, Cuk Dimas Sunandar.

Seperti diketahui Assesment Center Kementan ini terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan penilaian kompetensi bagi ASN dengan telah terakreditasi atau pengakuan kelayakan. Penyelenggaraan penilaian kompetensi melalui Assessment Center menjadi salah satu bagian dan sekaligus berperan dalam pembentukan manajemen talenta ASN. Assessment Center ini juga telah memenuhi standar penilaian yang ditetapkan oleh BKN.

(WH)

Exit mobile version