26.8 C
Bogor
Sunday, October 6, 2024

Buy now

spot_img

Program Ketahanan Pangan Unggulan di Desa Gadog, Beternak Kambing

Jurnal Bogor – Di tambahnya masa jabatan kepala desa 2 tahun menyesuaikan revisi UU Desa 6 tahun 2014 menjadi UU nomor 3 tahun 2024 di sambut gembira oleh para kepala desa se-Kabupaten Bogor.

Bertambahnya masa jabatan itupun memiliki ekses terhadap program pemerintah desa seperti di desa Gadog Kecamatan Megamendung Bogor, yakni program ketahanan pangan.

Di Desa gadog Kecamatan megamendung Bogor Masing masing RW memiliki program ketahanan pangan berbeda beda. Salah satu program yang paling banyak adalah beternak domba.

Seperti di RW 4 Desa Gadog Dari 48 ekor kambing yang di budidayakan kini sukses menjadi 72 ekor dan siap di panen jelang Idul Adha 1445 lebih kelompok ternak binaannya tersebut dan berjanji akan melanjutkan program serupa dengan skala yang lebih besar lagi

Program ketahanan pangan di desa itupun telah di evaluasi oleh pendamping Desa, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Pendamping Desa Kecamatan Megamendung Sopuriah mengatakan, di pastikan akan di lanjutkan dan di perluas yang semula 18 kelompok akan di tambah menjadi 20 kelompok dengan rumpun peternakan. “Termasuk penambahan modal untuk kegiatan yang di usulkan dari kelompok yang di bentuk,” ungkapnya, Kamis (6/6/2025).

“Adapun sumber pendanaan dalam program ketahanan pangan di Desa Gadog Megamendung telah di tentukan pemerintah pusat sebesar 20% dari Dana Desa kurang lebih 200 juta rupiah yang di bagi kepada 18 kelompok tani di wilayah desa tersebut,” pungkasnya.

Yudi

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles