26.2 C
Bogor
Friday, July 5, 2024

Buy now

spot_img

Bangun Pos Jalur Pendakian Gunung Salak 2 Secara Swadaya Masyarakat

Jurnal Bogor – Jalur pendakian resmi ke Gunung Salak 2 akan segera dibuka melalui jalur Curug Nangka, Ciapus Kalimati, Desa Sukajadi, Tamansari.

Pemandu pendakian jalur Gunung Salak 2 via Curug Nangka, Ajum Jumanah mengatakan, jalur tersebut akan mulai dibuka pada awal Juni 2024.

Jalur yang dibuka masyarakat setempat bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), menyajikan pengalaman pendakian baru.

“Kami tengah mempersiapkan pembukaan jalur, dengan membangun pos di pintu masuk jalur pendakian Gunung Salak 2,” ungkap Ajum, Jumat (31/5/2024).

Kata dia, untuk di jalur ini, disarankan agar memulai pendakian pada pagi hari. Bagi pendaki pemula, perjalanan dari pos utama menuju puncak diperkirakan memakan waktu maksimal 6 jam.

Menurutnya, jalur 2 ini relatif lebih aman serta tidak begitu terjal. Kemudian pemandangan yang menarik mulai dapat terlihat di shelter 7. Di sana, pendaki bisa berswafoto dengan latar belakang pohon bonsai berukuran besar.

“Jalur baru ini menyuguhkan pemandangan Kota Bogor, keindahan alam, dan pengalaman mendaki yang cukup menarik,” katanya.

Setiap pendaki wajib membawa identitas, perlengkapan standar pendakian dan logistik makanan, serta bertanggungjawab terhadap sampah yang dibawa.

“Keunggulan jalur ini juga tergantung pada kondisi cuaca dan kesiapan fisik para pendaki,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Sukajadi, Ade Gunawan menambahkan, pembangunan pos jalur Gunung Salak 2 ini ditargetkan rampung dalam pekan ini.

Selain itu, berbagai sarana penunjang juga akan dibangun secara bertahap di antaranya basecamp dan mushala, juga kesiapan jalur agar aman ketika digunakan.

“Pos dan basecamp ini dibangun secara swadaya pemberdayaan masyarakat, dan ini bekerja sama dengan Balai TNGHS serta wisata Kalimati,” ungkapnya.

Yudi

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles